Kamis 14 Jan 2016 15:01 WIB

5 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Beli Mobil

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Penjualan Mobi Bekas. Pegawai mengelap mobil yang dipajang salah satu showroom di pusat penjualan mobil bekas Mangga Dua, Jakarta, Rabu (2/7).(Republika/ Wihdan).
Foto: Republika/ Wihdan
Penjualan Mobi Bekas. Pegawai mengelap mobil yang dipajang salah satu showroom di pusat penjualan mobil bekas Mangga Dua, Jakarta, Rabu (2/7).(Republika/ Wihdan).

REPUBLIKA.CO.ID, Membeli mobil tidak semudah membeli TV, kulkas, AC atau barang elektronik  lainnya. Ketika Anda membeli mobil, Anda harus berkeliling dealer untuk memastikan dan membedakan seperti harga, model atau apapun yang menjadi keraguan di benak anda saat ingin membeli mobil.

Nah waktu yang pas adalah saat akhir pekan karena anda dapat lebih lama menimbang pilihan anda. Berikut ini tips dari Navy Federal Credit Union untuk membeli mobil:

Tunggu beberapa saat sebelum membelinya

Jika anda bisa bersabar menunggu beberapa saat, beberapa jam bahkan beberapa hari untuk membeli mobil, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu ke website untuk memastikan mobil anda sesuai dengan impian anda. Anda juga tidak akan merasa tertekan untuk membeli mobil yang anda anggap tidak cocok untuk kebutuhan anda.

Jangan mengunjungi dealer terlalu banyak

Biasanya dealer memposting mobilnya dengan harga di situs web mereka. Dan ini artinya anda tidak perlu datang ke dealer langsung hanya untuk memastikan harga atau melakukan penawaran.  Menurut laporan terbaru dari The Economist, pembeli mobil lebih pergi  untuk mengunjungi dealer lebih sedikit secara keseluruhan.

 

Sebaiknya anda mengetahui mobil yang ingin dibeli terlebih dahulu

Sebelum anda pergi ke dealer, baiknya anda mengetahui spesifikasinya  seperti mesin terlebih dahulu walaupun tidak banyak yang diketahu. Dipastikan jangan sampai anda menyesal setelah membelinya.

Cara pembayaran

Setelah anda menentukan mobil yang ingin anda beli, pastikan anda mengetahui cara pembanyarannya. Bila anda membeli dengan angsungan, pastikan anda harus membayar angsuran per bulannya berapa dan harus dicicil sampai berapa bulan.

Negosiasi

Sebagai konsumen anda harus pintar-pintar bernegosai tentang harga dan jaminan. Sebelum membeli anda juga perlu test drive, terlebih lagi anda harus teliti dengan desain interiornya, jangan sampai ada yang cacat, jika terbukti ada yang cacat anda bisa bernegosasi dengan menurunkan harga atau menukarnya dengan yang baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement