Kamis 08 Nov 2018 20:27 WIB

GMC Terrain Diselidiki Terkait Dugaan Masalah Wiper

Penarikan diperluas hingga mencakup kendaraan GMC dari model tahun 2010-2016.

GMC Terrain keluaran 2010.
Foto: EPA/Steve Fecht
GMC Terrain keluaran 2010.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) sedang menyelidiki apakah General Motors Co (GM.N) harus menarik tambahan 1,7 juta kendaraan sport. Hal tersebut terkait adanya masalah dengan kegagalan wiper kaca depan.

GM, pembuat mobil terbesar AS, sebelumya sudah menarik kembali (recall) 367.800 GMC Terrain 2013 dan SUV Chevrolet Equinox di Amerika Serikat pada Agustus 2016 untuk mengatasi masalah wiper tersebut. Namun sejak penarikan tersebut, NHTSA menerima 249 pengaduan dengan masalah serupa pada kendaraan dari lima model tahun lainnya.

Agensi federal akhirnya menyatakan pihaknya sedang menyelidiki apakah penarikan kembali harus diperluas hingga mencakup 1,7 juta kendaraan lagi dari model tahun 2010-2016 di Amerika Serikat.

''Tidak ada kecelakaan atau cedera yang berkaitan dengan masalah yang telah dilaporkan,'' kata GM, seperti dilansir Reuters, Rabu.

Meski demikian, produsen mobil itu mengatakan akan bekerja sama dengan review NHTSA. GMC Terrain 2013 dan Chevrolet Equinox SUV sudah ditarik kembali karena data garansi menunjukkan tingkat kegagalan yang lebih tinggi dari perkiraan. Perusahaan terus memantau data lapangan pada model tahun lain dari kendaraan tersebut.

''Kami akan menjalin kerjasama dengan NHTSA pada tinjauan terbaru dari data untuk kendaraan yang diduga memiliki masalah,'' tambah GM.

Penarikan kembali terjadi setelah manajer mutu merek GM Kanada melaporkan potensial masalah keamanan terkait dengan kegagalan wiper di Kanada melalui program "Speak Up For Safety" GM pada akhir 2015. Data menunjukkan insiden di lapangan secara signifikan lebih tinggi di Kanada dengan penggunaan jalan yang berat.

Hal tersebut mendorong penarikan pada Juni 2016 dari 141,407 mulai 2010-2017 GMC Terrain dan Chevrolet Equinox SUV di Kanada. ''Selama dua bulan berikutnya, jumlah laporan AS yang lebih tinggi mendorong penarikan AS terhadap kendaraan model 2013,'' kata perusahaan.

Pada bulan Maret, GM memperluas penarikannya di Kanada terhadap 15.600 kendaraan lain dari model tahun 2010-2017. Pada tahun 2016, GM mengatakan modul wiper depan akan diganti dengan modul yang memiliki deflektor air. Dan jika diperlukan, dealer akan mengisi lubang pengelolaan air dan mengebor lubang kecil baru di lokasi yang berbeda.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement