Ahad 01 Jul 2018 21:25 WIB

Uji Coba All New Ertiga di Pulau Dewata

Fasilitas All New Ertiga lebih baik dari generasi sebelumnya

Rep: Rossi Handayani/ Red: Hiru Muhammad
All New Ertiga saat menjalani uji tes drive di Bali pekan silam
Foto: Rossi Handayani
All New Ertiga saat menjalani uji tes drive di Bali pekan silam

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Melanjutkan keberhasilan generasi terdahulu, All New Ertiga tetap mengusung konsep kendaraan keluarga yang efisien, lapang dan nyaman. 

Nuansa tersebut terasa kental saat duduk di dalam kabin yang terkesan mewah di kelasnya. Kesan itu diperkuat dengan aksen kayu yang terdapat pada bagian dashboard yang dipadu dengan warna coklat muda pada kabin dan layar head unit touch screen berukuran besar  dan empat buak speaker sebagai sarana hiburan. 

Penumpang di baris kedua, dan ketiga juga memiliki ruang yang cukup nyaman pada bagian kaki, dan kepala bagi penumpang dengan ukuran badan hingga 172 sentimeter. Bahkan ruang kaki bagi penumpang di bangku ketiga juga cukup nyaman. 

Di belakang roda kemudi terdapat  sejumlah fasilitas informasi modern bagi pengemudi. Informasi tentang isi bahan bakar, suhu dalam mobil, jam dan informasi lainnya multi information display (MID) tersedia dalam bentuk digital sehingga memudahkan pengemudi untuk membacanya.

Untuk fasiliats keamanan, pada penumpang depan juga terdapat dual SRS air bag, serta fasilitas keamanan lainnya seperti antilock braking system, electronik stability control dan electronic brake force distribution menjadi perlengkapan standar. 

Sebagai kendaraan yang membidik pasar keluarga, kendaraan jenis low multi purpose vehicle atau low (MPV) ini tetap  menawarkan efisiensi bahan bakar sebagai nilai jual utamanya.

Berkat mesin berkemampuan 1500 CC jenis K15B yang berkarakter DOHC, kendaraan ini tetap responsif dalam melintasi berbagai medan jalanan.  Menurut hasil uji coba pabrik tingkat konsumsi bahan bakar mencapai 16,73 kilometer per liter untuk transmisi automatik. Sedangkan yang manual mencapai 18,09 kilometer per liter. 

"Kemarin di batch pertama media test drive, beberapa rekan media ada yang sampai 27 kilometer per liter dengan trek yang luar biasa menantang itu dengan menggunakan manual," kata Harold Donnel Head of Product Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, Kamis pekan silam. 

Saat melakukan uji coba yang dimulai di hotel Eden Kuta,  penggunaan tipe transmisi manual di kawasan berliku dan menanjak di Uluwatu, pantai Pandawa, hingga kawasan Badung, Bali akselerasi begitu terasa responsif.

Termasuk ketika melalui rute menanjak, mobil ini mampu melaju dengan baik, sehingga pengendalian lebih mudah. Bahkan saat melintasi jalanan menanjak yang cukup lancar, penggunaan gigi tiga pun masih aman digunakan.

Akan tetapi pada saat melewati jalan berlubang, mobil terasa sedikit mengguncang penumpang yang berisikan dari tiga orang. Suspensi kendaraan tidak terasa lembut, mungkin juga dikarenakan beban yang tak terlalu banyak.

Namun, di pantai Pandawa, All New Ertiga dicoba dengan memuat dua koper ukuran besar, dua ukuran sedang, dan ukuran kecil. Barang tersebut bisa masuk ke dalam bagasi dengan melipat baris ketiga.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement