Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Perhatikan Komponen Mobil Ini Setelah Mudik

Senin 18 June 2018 13:12 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Pekerja mengecek kondisi mobil pelanggan di bengkel mobil Kawasan Tebet, Jakarta, Jumat (8/6).

Pekerja mengecek kondisi mobil pelanggan di bengkel mobil Kawasan Tebet, Jakarta, Jumat (8/6).

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Perhatikan komponen kendaraan berdasarkan kondisi jalan yang dilalui.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraan pribadi seperti, mobil untuk pergi mudik ke kampung halaman. Ratusan kilometer telah ditempuh selama perjalanan pulang kampung, hingga kembali ke kota.

Dengan melalui berbagai kondisi jalan, maka pemilik mobil perlu memperhatikan beberapa komponen kendaraan, bergantung pada kondisi jalan yang telah dilalui.

"Kalau telah melalui jalan yang berdebu, maka periksa di bagian saringan udara. Namun saat jalanan berlubang, lakukan pemeriksaan pada kaki-kaki mobil," kata Manager Technical Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, belum lama ini.

Didi Ahadi mengatakan, setelah pergi mudik mobil tidak perlu kembali lagi ke bengkel, karena sebelum ke kampung halaman sudah melakukan perawatan. Namun apabila kilometer kendaraan sudah masuk perawatan berkala, maka pemilik mobil perlu membawanya ke bengkel.

"Atau pun ada tanda-tanda kerusakan saat dipakai mudik, ada baiknya dilakukan pemeriksaan ke bengkel," ujar Didi.

Soal oli, bisa dilihat dari jarak tempuh yang telah melewati 10.000 kilometer, atau setelah enam bulan pemakaian, tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu.

Komponen perawatan berkala dilakukan setiap 10.000 kilometer seperti filter oli, dan oli saja. Namun ada komponen lain yang dapat dilakukan perawatan setiap 20 ribu, 40 ribu, bahkan 80 ribu kilometer. Dan bengkel Toyota akan buka normal kembali setelah libur lebaran.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA