Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Kiat Memilih Kendaraan yang Tepat Untuk Mudik

Selasa 12 June 2018 20:29 WIB

Rep: Adinda Pryanka/Farah Noersativa/ Red: Hiru Muhammad

Mobil Baleno terparkir di posko Siaga 24 jam Suzuki di Gringsing, Jawa Tengah, Senin (11/6).

Mobil Baleno terparkir di posko Siaga 24 jam Suzuki di Gringsing, Jawa Tengah, Senin (11/6).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Perjalanan jauh, kendaraan harus memiliki ground clearance yang tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Momentum pulang kampung, tampaknya terasa kurang pas apabila tidak menggunakan kendaraan yang mampu menempuh rute jauh. Selain harus mampu menampung banyak orang, kendaraan juga harus bisa mengangkut barang bawaan yang beragam dalam jumlah banyak.

Untuk itu, diperlukan kendaraan yang nyaman dan memiliki ruang yang lapang agar penumpang nyaman dan barang bawaan dapat terangkut dengan baik. Kenyamanan kabin kendaraan salah satunya terlihat dari jarak antara tempat duduk baris pertama dan kedua yang cukup lapang, khususnya bagi ruang kaki. 

Ini didapat dari sosok Suzuki Baleno Hatchback yang menawarkan ruang kabin yang cukup lapang. Tim mudik Republika dapat menyimpan satu koper berukuran sedang dan dua travel bag yang memuat kebutuhan baju untuk 10 hari perjalanan.

Dua buah tas  ransel dengan ukuran 30 liter yang berukuran penuh juga masih bisa ditempatkan di dalam ruang bagasi. Di bagian kabin hanya digunakan untuk menyimpan tas berukuran kecil. 

Bicara perjalanan jauh, tentunya selain nyaman kendaraan harus memiliki ground clearance yang mencukupi. Hal ini penting mengingat kondisi medan yang dilalui di luar kota cukup beragam. Mulai dari jalan tol, jalan beraspal hingga jalan rusak yang kurang bersahabat bagi kendaraan keluarga. 

Namun, Suzuki Baleno Hatchback yang memiliki dimensi panjangnya 3.995 milimeter, dengan lebar 1.745 milimeter, tinggi 1,510 milimeter dan ground clearance hingga 170 milimeter tampaknya tidak memiliki banyak kesulitan untuk mengatasi medan di luar kota.

Apalagi kendaraan ini dibekali mesin K14B 1.400 cc, 4-silinder, 16 katup DOHC yang cukup bertenaga. "Mobil ini memiliki performa mesin lebih bagus dibanding  tipe sebelumnya sehingga dapat melaju diberbagai medan cocok buat mudik," kata Ono Suharsono, mekanik di pos siaga Suzuki.

Tak mengherankan bila ruas tol fungsional Pemalang-Batang dan Batang-Semarang  dapat dilintasi dengan mudah.  Jalur Pantura yang terbilang bergelombang dan lubang kecil di beberapa titik dapat dilalui mobil tanpa mengurangi kenyamanan. 

Hal itu berkat paduan sistem suspensi MacPherson Strut With Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam With Coil Spring di bagian belakang. Keduanya mampu meredam getaran ketika mobil melalui jalan yang tidak rata.

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA