Senin 26 Mar 2018 15:29 WIB

Ini Prediksi Spesifikasi Toyota R4VA

R4VA diharapkan lebih banyak bahan premium dan teknologi terbaru.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Toyota R4VA. Ilustrasi
Foto: Carscoops
Toyota R4VA. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- RAV4 merupakan produk andalan untuk Toyota dalam menghasilkan profit, terutama di AS. Dengan penjualan melebihi model populer seperti Corolla, Highlander dan Tacoma, mudah untuk melihat mengapa produsen mobil asal Jepang itu tidak akan membuat kesalahan dengan produk terbaiknya di Amerika tersebut.

Untuk lebih menekankan pentingnya pasar Amerika, Toyota memutuskan untuk mengungkapkan generasi kelima RAV4. Namun, bocoran tentang generasi kelima itu mulai bermunculan. Perusahaan itu sendiri merilis gambar teaser tunggal yang hanya menunjukkan bentuk gelap.

Model yang lebih agresif Model 2019, yang akan jauh lebih agresif, mengadopsi beberapa isyarat gaya dari studi FT-AC (Future Toyota Adventure Concept). Tentu saja, ini mengurangi konsep fitur paling ekstrim seperti flare fender, side cladding dan roof fixtures yang lebih rendah.

Di bagian depan, perbedaan meliputi kisi-kisi dua bar, fog light housing yang lebih soft dan desain intake yang lebih rendah. Lampu belakang terlihat sama, namun bezel lebih terang dan lapisan bawah bumper lebih halus.

Platform serba baru untuk menawarkan dinamika berkendara yang lebih baik TNGA (Toyota New Global Architecture), yang sudah digunakan dalam model yang sangat berbeda, dari Prius Hatch dan crossover subcompat C-HR ke keluarga sedan menengah Camry dan penahan segmen Auris C yang baru, akan mendukung semuanya. RAV4 baru juga ini seharusnya menawarkan peningkatan dalam perjalanan dan penanganan tanpa kompromi apa pun.

RAV4 baru akan jauh lebih menyenangkan untuk dikendarai dibandingkan dengan pendahulunya. Sistem Sense Keselamatan Toyota, yang menggabungkan keadaan darurat dengan peringatan pra-tabrakan dan deteksi pejalan kaki akan menjadi standar. Teknologi itu akan digabungkan dengan peringatan atau bantuan lane-keep warning + auto high-beams, cruise control adaptif dan peringatan lalu lintas silang belakang, lalu membentuk sebuah safety suite top-notch.

Di bagian interior, R4VA diharapkan lebih banyak bahan premium dan teknologi terbaru, seperti display head-up dan sistem infotainment Entune 3.0 yang menggabungkan 4G LTE in-vehicle Wi-Fi, audio JBL dan Apple Car Play, yang seharusnya serupa dengan yang sudah dilihat di Avalon 2019Mesin Lebih BertenagaDi Amerika Utara, tawaran dasar akan menjadi 2,5-liter 'Dynamic Force' inline-four dengan timing katup variabel, injeksi langsung multi-hole dan pendinginan variabel. Selain itu, harus lebih kuat, dengan output naik dari model saat ini 176 hp dan torsi 172 lb-ft menjadi 206 hp dan 186 lb-ft (252 Nm), yang merupakan unit yang diproduksi di Camry baru ini.

Demikian pula, versi hibrida diharapkan untuk berbagi powertrain dengan hibrida Camry saat ini yang menggabungkan 2.5L four dengan motor listrik yang memutar output sistem total 208hp. Dua powertrains hibrida, tetapi tidak ada diesel untuk EropaSebagai akibat dari Dieselgate, penjualan kendaraan bertenaga diesel anjlok.

Bahkan di pasar di mana mereka secara tradisional memang kuat, seperti Eropa. SUV akan mengikuti contoh Auris yang telah membuang diesel tetapi menawarkan dua mesin hibrida. Pertama adalah 120hp (122PS) 1.8-liter untuk Prius, dan yang kedua unit 2.0-liter baru dengan 178hp (180PS).

Mesin bensin belum mati, jadi RAV4 baru akan hadir dengan setidaknya satu powertrain seperti itu. Di Eropa, mungkin akan menawarkan mesin 2,0 liter yang disedot secara alami.

Karena mesin pembakaran internal akan dikawinkan dengan otomatis 8-percepatan baru yang menggantikan model enam-percepatan generasi saat ini. Ini akan tersedia dengan opsional all-wheel-drive, sedangkan hibrida akan datang dengan transmisi continuously variable (CVT)Awalnya, diharapkan RAV4 akan diluncurkan akhir tahun ini, di LA Auto Show di musim gugur, atau di awal 2019 di Detroit Auto Show.

Namun, seperti yang telah disebutkan, Toyota akan membuat debutnya lebih cepat, lebih spesifik pada 28 Maret di acara New York. Jadi, semua perubahan untuk RAV4, yang telah menerima pembaruan terbarunya pada tahun 2013. Satu hal yang diharapkan oleh Toyota tidak akan berubah adalah statusnya yang paling laris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement