Sabtu 10 Feb 2018 09:03 WIB

Udelv, Kendaraan Otonom Antar Belanjaan Langsung ke Rumah

Kendaraan oranye yang khas ini mampu menghasilkan sekitar 40 pengiriman.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Udelv. Ilustrasi
Foto: Times
Udelv. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah van otonom, Udelv yang dirancang untuk mengantarkan belanjaan ke rumah, kini telah melewati jalanan California untuk pertama kalinya. Kendaraan oranye yang khas ini mampu menghasilkan sekitar 40 pengiriman, dengan kecepatan tertinggi 25 mil per jam atau 40 km per jam.

"Pengiriman adalah aplikasi pertama yang sempurna untuk kendaraan otonom. Ini adalah revolusi historis dalam transportasi. Kami menemukan kembali pengiriman," kata Daniel Laury, CEO perusahaan tersebut, dilansir dari laman Daily Mail.

Mereka dirancang untuk mengatasi masalah pengiriman 'last mile', yang paling sulit dilakukan untuk mengotomatisasi bisnis. Jika pengujian berhasil, mereka bisa menjadi pemandangan umum di jalanan di seluruh dunia pada tahun-tahun mendatang.

Kendaraan yang dibangun oleh perusahaan Burlingame Udelv, menyelesaikan 2,5 mil (4 km) dari Draeger Market di San Mateo ke dua pelanggan terdekat. Rute termasuk lampu lalu lintas, jalur perubahan, persimpangan tanpa sinyal, dan kedua pengiriman berhenti.

Pengemudi keamanan sedang on-board selama demonstrasi uji coba, sesuai dengan undang-undang negara bagian tentang kendaraan otomatis. Dan ini akan tetap berlaku saat pengujian berlanjut sepanjang Februari.

Udelv juga dapat memantau, dan mengendalikan kendaraan dari jarak jauh. Sehingga, memungkinkannya untuk menimpa sistem otomatisnya, dan memberikan kontrol operator manusia jika diperlukan.

Kendaraan tersebut dilengkapi dengan kemampuan mengemudi mandiri tingkat empat. Artinya, mereka dapat mengatasi sebagian besar situasi secara otomatis, namun mungkin akan mengalami beberapa kondisi cuaca, dan jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement