Sabtu 23 Dec 2017 11:03 WIB

Mobil-Mobil Listrik yang Hadir pada 2018

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jaguar I-Pace
Foto: Car and driver
Jaguar I-Pace

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar mobil listrik telah berkembang secara substansial selama 12 bulan terakhir, dengan pendatang baru seperti sedan Tesla Model 3 dan Volkswagen e-Up. Mobil tersebut menawarkan pembeli Electric Vehicle (EV) teknologi tinggi dengan harga medium mobil bensin.

Diperkirakan akan ada lebih banyak mobil listrik pada tahun depan, sedangkan Tesla Model S kemungkinan akan mendapatkan saingan baru yang lebih tinggi di pasar. Inilah beberapa mobil EV yang akan hadir pada tahun depan, dilansir dari laman the Week Sabtu (23/12):

Porsche Mission E

Porsche Mission E memiliki sistem listrik baterai mobil cenderung memiliki jangkauan 310 mil dengan satu kali charge, kata Auto Express, dan pengisian daya hingga 80 persen akan memakan waktu hanya 15 menit. Porsche berencana menjual 20 ribu contoh EV per tahun.

Usaha pertama Porsche pada mobil produksi listrik sepenuhnya bukan karena dijual pada 2019, namun contoh produksi siap dari E yang dinantikan diperkirakan akan muncul dalam 12 bulan ke depan.

Jaguar I-Pace

Versi produksi Jaguar I-Pace yang baru, merupakan mobil listrik pertama perusahaan, dan akan hadir di Geneva Motor Show pada Maret.

SUV mid-size ini menawarkan baterai yang bersaing dengan Model Tesla 3, kisaran 310 mil, kata Autocar, dan ini telah diukur dengan menggunakan tes New European Driving Cycle yang baru diperkenalkan. Pengisian 100 persen memerlukan waktu dua jam saat menggunakan charging point.

Hingga kini belum diketahui kapan I-Pace akan mulai dijual, namun Autocar mengatakan kendaraan tersebut diperkirakan berharga sekitar 60 ribu pound (Rp 1 miliar).

Nissan Leaf 2

Generasi kedua Nissan Leaf hatchback, yang akan tiba pada Januari, dapat menjadi ancaman bagi Tesla Model 3.  Menurut Autocar, Leaf baru ini didukung oleh motor listrik-baterai 147bhp yang menyaingi Model 3 rentang 235 mil dengan sekali pengisian.

Pembeli juga mendapatkan sistem tanpa sopir ProPilot perusahaan, yang dapat mengemudi secara mandiri di jalan raya dan lalu lintas dengan kecepatan rendah. Hatchback baru tersebut telah mengumpulkan 10 rib u pre-order. Pengiriman akan dimulai pada Februari.

Nio ES8

Pembuat mobil Cina Nio telah meluncurkan SUV seven-seater ES8. Mobil baru ini diharapkan bisa mencapai pre-order pelanggan tahun depan.

ES8 diklaim hadir dengan "spesifikasi yang sebanding" dengan Tesla Model X, termasuk bodi dan sasis aluminium semua, suspensi udara pada semua model dan all-wheel drive. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak otonom, yang berarti bisa berkendara sendiri di jalan raya dan jalan umum. Namun ES8 hanya akan tersedia untuk pasar Cina, kecuali ada permintaan yang cukup dari pasar lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement