Senin 20 Nov 2017 19:57 WIB

Mobil Swakemudi akan Hadir di Inggris pada 2021

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Mobil Swakemudi
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Mobil Swakemudi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mobil swakemudi bisa hadir di Inggris dalam empat tahun ke depan seiring rencana investasi pemerintah Inggris ke sektor ini.

Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond mengatakan, Pemerintah Inggris memiliki program yang bertujuan menghadirkan mobil swakemudi sepenuhnya dengan tetap memenuhi syarat keamanan pada 2021. ''Ini langkah signifikan dan kami harus lebih dulu menguasai teknologinya bila ingin memimpin revolusi industri selanjutnya,'' ungkap Hammond seperti dikutip BBC, Ahad (19/11).

Program ini akan diumumkan pekan ini seiring perubahan regulasi anggaran. Dengan begitu, para pengembang kendaraan bisa mulai menjajal kendaraan mereka di jalan-jalan Inggris.

Soal potensi hilangnya lapangan kerja bagi pengemudi, Hammond hanya mengatakan perubahan tak bisa dihindarkan. Pemerintah Inggris harus membekali masyarakat dengan keterampilan untuk menghadapi itu.

Kabar ini muncul setelah produsen mobil terbesar Inggris, Jaguar Land Rover, mulai menguji coba kendaraan swakemudi mereka di jalanan publik. Uji coba yang menggantungkan kendali sensor untuk mendeteksi situasi lalu lintas ini dilakukan di kota Coventry dalam beberapa pekan. Penumpang yang ada di dalam kendaraan sendiri bertugas menelaah kondisi yang mungkin darurat.

Pemerintah Inggris mengatakan industri ini akan mencapai nilai 28 miliar euro di Inggris pada 2035 dan akan menyediakan 27 ribu pekerjaan. Kendaraan produksi Jaguar itu bukan satu-satunya kendaraan swakemudi yang akan hadir di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement