Ahad 07 May 2017 09:09 WIB

Berbahaya Balas SMS Saat Mengemudi, Ini Solusi dari Nissan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
SMS saat mengemudi merupakan tindakan buruk, yang sebaiknya dihindari.
Foto: Mashable
SMS saat mengemudi merupakan tindakan buruk, yang sebaiknya dihindari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SMS saat mengemudi merupakan tindakan buruk, yang sebaiknya dihindari. Sebenarnya melakukan apapun dengan telepon genggam saat mengemudi tidak dibenarkan, kecuali menjawab telepon dengan mode handsfree.

Tapi terkadang, setelah Anda mendengar nada yang sudah akrab di telinga, ini menjadi godaan yang kuat untuk meraih telepon. Dan di situlah Anda tiba-tiba, membalas pesan teks.

Saat ini, Nissan punya solusi menarik untuk masalah ini. Disebut Nissan Signal Shield, pada dasarnya adalah sebuah tempat atau sangkar Faraday untuk telepon Anda. Ini merupakan kompartemen yang menghalangi sinyal elektromagnetik, termasuk sinyal Wi-Fi, Bluetooth dan seluler. Letakkan telepon Anda di dalamnya, maka hasilnya akan tetap diam sampai Anda menariknya keluar lagi.

"Ini adalah tentang memberikan kontrol yang lebih besar pada kemudi, tidak sedikit beberapa pengemudi kebal terhadap aktivitas smartphone mereka, namun bagi mereka yang berjuang untuk mengabaikan bunyi bip dan ping, konsep ini memberikan solusi sederhana," kata Alex Smith, Managing Director Nissan Motor GB, dalam sebuah pernyataan, dilansir dari laman Mashable.

Setelah itu, muncul beberapa pertanyaan lainnya. Bagaimana mendengarkan musik dari telepon Anda saat mengemudi? Nissan mengatakan konsep ini memungkinkan ponsel tetap terhubung, melalui kabel, dengan sistem infotainment mobil, namun tidak akan menerima panggilan, atau pesan.

Adapun Nissan bukanlah perusahaan pertama yang mencoba mengatasi masalah smartphone yang mengganggu pengemudi. Pekan lalu, Samsung meluncurkan sebuah aplikasi, yang secara otomatis merespon teks saat berkendara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement