Rabu 21 Dec 2016 10:41 WIB

Kasus Uji Emisi, Volkswagen Capai Kesepakatan 1 Miliar Dolar dengan AS

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Volkswagen
Volkswagen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Volkswagen mencapai kesepakatan pada Selasa (20/12), dengan Amerika Serikat, dan negara bagian California, terkait kecurangan uji emisi pada beberapa mobil diesel bertenaga. Kesepakatan diharapkan dengan biaya mobil lebih dari 1 miliar dolar AS.

Di bawah penyelesaian parsial dengan Departemen Kehakiman, Badan Perlindungan Lingkungan dan California, Volkswagen harus membeli kembali atau memperbaiki 83 ribu mobil, dari Model tahun 2009 sampai 2016, termasuk Porsche dan model Audi yang dibangun di pabrik Volkswagen.

"Menyoroti fakta bahwa kecurangan untuk mendapatkan mobil bersertifikat, memiliki konsekuensi untuk kualitas udara, dan kesehatan masyarakat, dan yang curang akan ditangkap dan dimintai pertanggungjawaban," kata Richard Corey, Head of the state's clean air agency, dilansir dari laman Voanews, Rabu (21/12).

Volkswagen masih menghadapi tuntutan pidana dan tuntutan hukum dari pemilik mobil pribadi. California sendiri menggugat Volkswagen karena perusahaan melanggar Clean Air Act.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement