Rabu 17 Aug 2016 10:20 WIB

10 Perusahaan Otomotif Paling Diminati

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri
Otomotif
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Otomotif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai sebuah industri yang memiliki daya tarik besar dari konsumen, otomotif menjadi salah satu industri yang menjadi lahan basah bagi para pelaku bisnis di Indonesia.

Tidak hanya memiliki daya tarik dari konsumen, industri otomotif pun menjadi salah satu indikator pelamar kerja yang sedang mencari pekerjaan.

Sebuah platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja, Jobplanet mengemukakan hasil riset yang dilakukannya pada semester pertama tahun ini.

Dalam riset yang dilakukan, Jobplanet mengumpulkan data yang didapatkan dari Jobplanet.com dengan memberikan 480 sampel perusahaan otomotif yang tersebar di Indonesia.

Berdasarkan analisis terhadap jumlah kunjungan ke laman resmi dari perusahaan otomotif di situsnya, Jobplanet mencantumkan puncak tiga teratas kepada Grup Astra dari 10 besar perusahaan otomotif di Indonesia yang menjadi daya tarik pelamar kerja.

Ketiga perusahaan yang berafiliasi dengan Grup Astra tersebut adalah PT Astra Honda Motor dengan 20,17 persen, diikuti PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Internasional Tbk, masing-masing sebesar 10,05 persen dan 8,01 persen.

"Jumlah kunjungan ke laman suatu perusahaan menunjukkan keingintahuan pencari kerja akan seluk beluk perusahaan tersebut. Astra merupakan pemain besar dalam industri otomotif, dan telah memiliki ratusan ribu anak perusahaan," ujar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia dalam keterangan resmi Selasa (16/8).

Tak mengherankan, tambah Kemas, jika para pencari kerja ingin mengetahui lebih dalam tentang perusahaan otomotif terbesar yang ada di Indonesia tersebut, guna melamar.

Berdasarkan hasil riset yang dikemukakan, Jobplanet merangkum 480 perusahaan tersebut kedalam 10 besar perusahaan dengan tingkat peminatan yang tinggi bagi para pencari kerja.

Berikut daftar 10 besar perusahaan otomotif yang dirilis Jobplanet, sebagaimana tertera dalam siaran pers yang diterima Republika belum lama ini.

PT Astra Honda Motor (20,17 persen)

PT Toyota Astra Motor (10,05 persen)

PT Astra Internasional Tbk (8,01 persen)

PT Gajah Tunggal Tbk (7,82 persen)

PT Astra Daihatsu Motor (4,94 persen)

PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (4,93 persen)

PT Honda Prospect Motor (3,99 persen)

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (3,46 persen)

PT Astra Otoparts Tbk (1,82 persen)

PT Astra International Tbk- Toyota Sales Operation (0,83 persen)

Dalam riset tersebut, dapat diketahui bukan hanya anak perusahaan Astra yang menarik perhatian pelamar kerja, namun juga Grup Astra sebagai konglomerasi secara keseluruhan. Hal tersebut dapat terlihat dari peringkat tiga sebagai jumlah kunjungan tertinggi yang diduduki PT Astra International Tbk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement