Kamis 28 Jan 2016 12:02 WIB

Terhimpit Skandal, Penjualan Volkswagen Nomor 2 di Dunia

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Volkswagen Passat 2016
Foto: leftlanenews
Volkswagen Passat 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Skandal emisi Volkswagen berdampak pada penjualan mobil pabrikan asal Jerman ini. Dilansir dari laman worldcarfans, pengiriman Volkswagen AG (termasuk MAN dan Scania) menurun signifikan 2 persen menjadi 9,9 juta unit di tahun 2015. Penjualan Volkswagen terbanyak nomor dua secara global.

Sementara, Toyota berhasil merebut gelar untuk mobil terlaris di dunia untuk keempat kalinya berturut-turut. Toyota adalah satu-satunya produsen mobil untuk menjual lebih dari 10 juta mobil pada tahun 2015 setelah memberikan total 10,15 juta kendaraan, termasuk unit dari Daihatsu dan Hino Motors.

Angka ini sebenarnya mengalami penurunan 0,8 persen dibandingkan dengan 2014.  Toyota berhasil menahan mahkota penjualannya untuk tahun keempat berturut-turut.

General Motors berada di posisi ketiga dengan 9,8 juta mobil yang terjual tahun lalu, meningkat 0,2 persen dibandingkan dengan 2014. Jika skandal besar di Volkswagen tidak akan berakhir dalam waktu dekat, Toyota diprediksi bisa merebut gelar kelima berturut-turut jika memainkan kartu yang tepat. Prius diprediksi menjadi peran kunci dalam upaya Toyota untuk mengulang sukses tahun 2016.

 

baca juga:

Jaguar Miliki 'Kucing Liar' Baru

Tesla Bakal Bangun Pabrik di Cina

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement