Selasa 10 Nov 2015 16:19 WIB

Imbas Skandal Airbag Takata, Honda Recall 329 Ribu Unit Mobil

Rep: MgROL49/ Red: Dwi Murdaningsih
Takata
Foto: AP
Takata

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perintah penarikan mobil akibat skandal airbag Takata semakin bermunculan. Kali ini, Honda di Inggris mengeluarkan perintah penarikan untuk beberapa model di Inggris.

Dilansir dari Inaautonews.com, Honda Inggris merasa perlu menarik mobil yang dilengkapi dengan inflator berbahaya yang diproduksi oleh perusahaan pemasok Jepang tersebut. Kurang lebih, sekitar 329 ribu kendaraan yang perlu diperbaiki pada airbag bagian depan. Di antaranya model ACORD, Tourer, Civic, Jazz, dan Streaming MPV dan semua model yang diproduksi antara 2002 sampai 2009.

Honda mengatakan, tindakan ini hanya tindakan pencegahan demi keamanan pengemudi. Proses recall akan dimulai hari ini dan pemilik akan diinformasikan ketika datang untuk pemeriksaan dengan prosedur yang bertahap. Tidak semua mobil dari 2002-2009 harus diperbaiki, tapi setidaknya 87 ribu mobil Jazz perlu lakukan pemeriksaan.

Honda sudah mengumumkan pekan lalu bahwa tidak akan menggunakan airbag Takata lagi. Ini adalah pukulan besar untuk perusahaan pemasok suku cadang otomotif tersebut. Kemitraan dengan Honda mencapai 10 persen dari penjualan global Takata dan menyumbang 38 persen dari pendapatan perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement