Rabu 07 May 2014 18:41 WIB

Indonesia Penguasa Otomotif Asia

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Komponen otomotif
Foto: antara
Komponen otomotif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggaran Indonesia International Motor Show (IIMS) setiap tahun terus meningkat. Sejak pertama diadakan tahun 2009 lalu, catatan pengunjung IIMS dua kali lipat. 

"Tahun pertama pengunjungnya sekitar  241 ribu sekarang sekitar 380 ribu," kata Abiyoso Soewito di sela-sela jumpa pers IIMS 2014 di Jakarta, Rabu (7/6).  

Kenyataan ini membuat mantan bos Toyota Indonesia Johnny Dharmawan yakin Indonesia akan menjadi Detroitnya Asia. Detroit sendiri merupakan kawasan industri otomotif yang ada di Amerika. 

"Kita sudah jadi salah satu pemain terbesar. Sekarang (pemain besar) ada Indonesia dan Thailand. Tapi nantinya Indonesia yang besar," kata Johnny yang juga ketua penyelenggara IIMS 2014. 

Saat ini penyelengaraan pameran otomotif Indonesia bahkan menurut Johnny sudah berhasil perhelatan yang sama di Thailand dan Jepang yang selama ini dikenal sebagai negara penghasil otomotif terbesar di Asia. 

"Bangkok saja udah kita kalahkan, kita harap bobotnya bukan hanya kuantiti tapi. juga kualitasnya," katanya.

Ke depan, Johnny berharap penyelenggaraan pameran otomotif ini bukan hanya sekedar tempat transaksi jual beli. Tapi juga sarana edukasi bagi masyarakat Indonesia dengan kendaraan-kendaraan teknologi tinggi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement