Selasa 10 Sep 2013 23:02 WIB

Tata Vista Siap Saingi Brio dan Etios Valco

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
  Pewarta foto mengabadikan model yang berpose di samping mobil Tata Vista GZX 1.4L MT produksi Tata Motors India saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (10/9).    (Republika/Amin Madani)
Pewarta foto mengabadikan model yang berpose di samping mobil Tata Vista GZX 1.4L MT produksi Tata Motors India saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (10/9). (Republika/Amin Madani)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) hari ini resmi meramaikan pasar mobil small hatchback Indonesia dengan varian andalannya Tata Vista GZX 1.4L. Mobil kecil yang baru tersedia dalam versi transmisi manual (MT) itu disebut sebut siap menjadi kontestan kuat dengan harga kompetitif, Rp 129,9 juta.

Sebagai catatan, segmen small hatchback saat ini sudah dihuni para pesaing kuat seperti Honda Brio, Toyota Etios Valco, Nissan March, Mitsubishi Mirage, Kia Picanto dan Daihatsu Sirion. Lalu apa saja modal Tata Vista untuk menyaingi mereka?

Tata Vista hadir mengusung mesin safire 1.4L DOHC 4 silinder. Mesin berkekuatan 1400 CC ini mempunyai 5 percepatan transmisi yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 90ps pada putaran 6.000 rpm. Torsi puncak yang dihasilkan 116 Nm pada putaran mesin 4.750 rpm.

Saat ini Vista baru tersedia dalam transmisi manual. Namun tidak menutup kemungkinan transmisi otomatik juga akan dibawa jika permintaannya besar.

Bicara dimensi, Tata Vista seperti dikutip dari keterangan spesifikasinya memiliki panjang  3.850 milimeter, lebar, 1.695 milimeter, dan tinggi 1.550 milimeter. Jika dibandingan ukuran itu sedikit lebih besar dari pesaingnya Daihatsu Sirion (3690 x 1665 x 1545 mm).

"Vista memiliki bodi yang lebih lebar dibanding small hatchback lainnya," kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI saat ditemui di sela peluncuran tiga mobil Tata Motors di Jakarta, Senin (10/9).

Untuk memanjakan penggunanya, Vista juga sudah dilengkapi dengan fitur hiburan cukup lengkap. Di antaranya, sistem audio dengan koneksi AUX, USB dan Bluetooh. Fitur-fitur tersebut bisa dioperasikan dengan mudah melalui tombol di setir.

Fitur keamanannya juga tidak setengah-setengah. Ia sudah dilengkapi dual SRS airbag dan ABS dengan ABD. Vista juga memiliki desain rangka dengan tingkat keamanan tinggi bagi pejalan kaki,. Keempat pintu Tata Vista sudah dilindungi pelat besi guna menahan benturan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement