Rabu 24 Jan 2018 06:21 WIB

Toyota Adopsi Teknologi Apple Carplay

Teknologi tersebut akan disematkan pada model kendaraan Avalon yang akan dirilis 2019

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
AppleCarPlay
Foto: Leftlanenews
AppleCarPlay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform Apple Carplay telah diadaptasi oleh banyak pabrikan mobil di seluruh dunia. Pertengahan Januari ini, Toyota secara resmi mengumumkan pihaknya juga akan mengadopsi teknologi Apple Carplay dalam produk-produk mobil keluarannya.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Toyota mengonfrimasi bahwa teknologi tersebut akan disematkan pada model kendaraan Avalon yang akan dirilis pada 2019. Musim semi tahun ini, Toyota akan mulai mendistribusikan Avalon. Selain Avalon, tipe mobil lainnya yang akan dikeluarkan pada 2019 juga akan dipasangi Apple CarPlay.

Baca juga: Toyota-Panasonic Kerja Sama Kembangkan Baterai EV

Pada 2012, raksasa otomotif asal Jepang itu pernah menyatakan bahwa perusahaan akan menggunakan platform yang dikembangkan sendiri kendati Apple Carplay dan Android Auto merupakan platform pilihan para produsen otomotif dunia.

Dalam Avalon dan seri mobil keluaran tahun 2019, konsumen dapat menikmati fitur Apple CarPlay sesuai standar dalam kendaraannya. Tampilan Carplay akan dihadirkan dalam layar sentuh berukuran sembilan inci. Android Auto merupakan platform yang biasa ditemui dalam produk rival Toyota namun perusahaan tersebut tidak menyebut apapun soal Google dalam rilisnya.

Rilis yang dikeluarkan hanya mencantumkan keterangan bahwa Avalon merupakan kendaraan pertama Toyota yang terintegrasi dengan smartwatch atau perangkat lain yang terkonekai dengan Alexa besutan Amazon. Integrasi ini memungkinkan pengguna mobil secara otomatis membuka atau mengunci pintu, menyalakan mesin, dan mengecek bahan bakar melalui smartwatch atau perangkat yang disematkan fitur Alexa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement