Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Menlu Retno: AS Sepakat Pertahankan Status Quo Al-Aqsha

Selasa 25 Jul 2017 17:50 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjawab pertanyaan saat di wawancarai oleh Republika di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (25/7).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjawab pertanyaan saat di wawancarai oleh Republika di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (25/7).

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi mengatakan Amerika Serikat (AS) telah sepakat mengenai pentingnya mempertahankan status quo Masjid al-Aqsha.

Hal ini dikemukakan Menlu AS Rex Tillerson saat melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Menlu Retno, pada Sabtu (22/7) lalu.

"AS concern terhadap ekskalasi, dia sepakat mencoba untuk melakukan deeskalasi situasi, dia juga sepakat mengenai pentingnya maintain status quo al-Aqsha," ujar Retno dalam wawancara eksklusif dengan Republika.co.id di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Jakarta, Selasa (25/7).

Retno mengakui ia memiliki hubungan baik dengan Tillerson, sehingga bisa segera berbicara mengenai isu Palestina-Israel dengan negara yang memegang peranan strategis itu. Menurutnya, ia perlu berbicara dengan AS untuk menyampaikan posisi Indonesia dan sudut pandang dunia islam terhadap situasi seperti ini.

"Yang saya bahas adalah mengenai apa arti al-Aqsha bagi Indonesia, supaya AS paham sensitifitas dari isu ini," ungkap Retno.

Kepada Tillerson, ia juga menyampaikan kekhawatirannya akan adanya efek lebih lanjut terhadap dunia Islam, jika masalah al-Aqsha tidak dapat dipecahkan dengan baik. Bahkan ia mengatakan tidak dapat dipungkiri ketegangan juga akan terjadi di luar al-Aqsha.

"Penting untuk AS untuk segera bertindak agar ekskalasi tidak terjadi," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA