Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

MTsN 1 Bogor Gelar Matsama Selama Tiga Hari

Kamis 13 Jul 2017 15:24 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Kegiatan Masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama) 2017 di MTs Negeri 1 Bogor

Kegiatan Masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama) 2017 di MTs Negeri 1 Bogor

Foto: Andi Nur Aminah/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama) 2017 di MTs Negeri 1 Bogor digelar menyambut siswa baru tahun ajaran 2017-2018. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai Rabu (12/7) hingga Jumat (14/7).

matsama 2017 diikuti 332 siswa baru MTsN 1 Bogor. Ketua Panitia Matsama MTsN 1 Bogor, Agus Widiyanto mengatakan, Matsama tahun ini mengusung tema 'Membentuk pribadi siswa yang disiplin, cerdas dan beraklhlak mulia'. Acara ini dibuka oleh Kepala MTsN yang diwakili oleh Ahmad Tarmiji, selaku PKM Kesiswaan.

"Kegiatan Matsama diisi dengan sejumlah materi di antaramya Wawasan Wiyata Mandala, pengenalan lingkungan sekolah, tata tertib, cara balajar efektif, akhlakul karimah, kepramukaan dan orientasi eskul. Pemateri yang dihadirkan adalah guru dan narasumber yang kompeten dari luar," katanya, Kamis (13/7).

Salah satu materi adalah Ketaatan pada Hukum dan Peraturan yang diisi oleh I Wayan K dari Polsek Parung. Para siswa baru tersebut mendapatkan informasi dari petigas kepolisian seperti bahaya narkoba, imbaun untuk tidak mengendarai motor karena usia pelajar setingkat sekolah menengah belum mencukupi, menghindari tawuran dan sebagainya.

Narasumber dari luar yang juga dihadirkan adalah pelukis Endro Nurhadi. Endro memperkenalkan kepada siswa teknik seni lukis dan membuat kaligrafi. Ada juga pengenalan kepramukaan oleh Erna Lahmidarti dan promosi sejumlah kegiatan ekstra kurikuler yang ada di MTsN 1 Bogor. MTsN 1 Bogor selain aktif melaksanakan eskul wajib yakni pramuka, juga memiliki sejumlah kegiatan eskul pilihan seperti taekwondo, silat, paduan suara, marching band, rohis, paskibra dan lainnya. Beberapa di antaranya sudah pernah berpartisipasi di ajang nasional hingga internasional.

 

Agus mengatakan, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini juga diisi dengan acara bakti sosial. Rencananya, bakti sosial akan dilakukan dengan memberikan sembako kepada 45 kepala keluarga yang membutuhkan dan merupakan warga sekitar sekolah. "Bakti sosial ini bertujuan menumbuhkan kepekaan sosial kepada peserta didik," ujarnya. Kegiatan Matsama 2017 MTsN 1 Bogor diakhiri dengan hiking dengan rute perkampungan di sekitar sekolah.

Kepala MTsN 1 Bogor Eti Munyati berpesan agar semua siswa dapat mengikuti Matsama dengan baik. Tujuannya agar siswa baru dapat beradaptasi dengan budaya dan program belajar di MTsN 1 Bogor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA