Rabu 12 Jul 2017 11:05 WIB

Pesan Chelsea Islan untuk Penderita Kanker Payudara

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani
Chelsea Islan
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Chelsea Islan

REPUBLIKA.CO.ID, Ibunda Chelsea Islan, Samantha Barbara, pernah bergelut dengan kanker payudara ketika Chelsea masih duduk di bangku SMA. Keteguhan sang ibu melawan kanker payudara memberikan pelajaran berharga untuk Chelsea hingga saat ini.

"Ini cara Tuhan mendidik kita," ujar Chelsea mengawali ceritanya saat ditemui dalam sosialisasi Indonesia Goes Pink 2017, di kantor Lovepink Indonesia, Selasa (11/7).

Sesaat setelah mengetahui diagnosa tersebut, Chelsea secara aktif mencari tahu tentang kanker payudara. Chelsea dan Samantha juga lebih saling menjaga kesehatan satu sama lain. Mengingat kanker payudara bukan penyakit yang bisa dicegah, Chelsea memutuskan untuk proaktif melakukan deteksi dini secara rutin. Salah satu langkah yang rutin Chelsea lakukan ialah melakukan check up secara berkala.

"Aku dan mamaku sering menjaga kesehatan, (salah satunya) melalui checkup," tambah Chelsea.

Sebagai perempuan yang memiliki faktor risiko kanker payudara dari keturunan, Chelsea juga secara rutin melakukan 'Periksa Payudara Sendiri' (Sadari) setiap bulan. Sadari penting untuk dilakukan agar keberadaan kanker payudara bisa terdeteksi sedini mungkin.

"Sebagai anak muda, kita mesti aware dengan kanker payudara dan kanker apapun," ungkap Chelsea.

Perjuangan sang ibu dalam melawan kanker payudara juga membuka mata Chelsea mengenai arti perjuangan dan kehidupan. Hal ini membuat Chelsea menjadi lebih bersyukur dan lebih menghargai kehidupan yang ia jalani.

"I'm really proud of you, Mom," ujar Chelsea kepada ibunya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Samantha yang kini berhasil menjadi survivor kanker payudara. Samantha berpesan agar para wanita secara aktif melakukan deteksi dini kanker payudara secara rutin. Alasannya, kanker payudara akan semakin sulit ditangani jika ditemukan pada stadium lanjut.

Sadari harus dilakukan dengan tepat di waktu yang tepat. Samantha mengatakan Langkah-langkah melakukan sadari bisa didapatkan dengan lengkap oleh para perempuan Indonesia melalui laman lovepinkindonesia.org.

"Waktu yang tepat adalah 7-10 hari setelah menstruasi," jelas Samantha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement