Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Liam Gallagher, 'Dewa' Britpop yang Kini 'Sendiri'

Sabtu 08 Jul 2017 08:39 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Hazliansyah .

Liam Gallagher

Liam Gallagher

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, -- Jika mendengar nama Liam Gallagher maka yang terlintas di pikiran pecinta musik pop sudah bisa dipastikan adalah Oasis, grup band kenamaan asal Manchaster, Inggris. Nama Liam Gallagher memang sangat melekat dengan band bentukan tahun 1991 itu. Liam adalah vokalis yang juga merupakan salah satu pencetus cikal bakal berdirinya Oasis.

Sejak remaja, Liam adalah sosok anak muda multi talenta yang menyukai musik. Kecintaannya terhadap dunia musik ia wujudkan dengan membentuk band bersama teman satu sekolahnya McGuigan yang diberi nama The Rain. Namun, kesuksesan belum menghampiri dikarenakan The Rain saat itu jarang tampil dan membuat pertunjukkan.

Hingga akhirnya sang kakak Noel Gallagher bergabung dan nama band mereka berubah menjadi Oasis. Oasis pun berdiri dengan formasi Liam Gallagher pada (vokal), Paul 'Bonehead' Arthurs (gitar), Paul "Guigsy" McGuigan (bass), dan Tony McCarroll (drums). Setelah itu, Noel Gallagher yang merupakan kakak dari Liam, masuk sebagai gitaris band tersebut.

Kualitas musik yang tidak bisa ditawar membuat Oasis yang dipimpin oleh Liam menjadi perhatian pecinta musik pada awal tahun 90an. Sejak kemunculan album pertama "Definitely Maybe", Oasis bahkan telah disejajarkan dengan grup band legendaries The Beatles.

Kesuksesan Oasis turut melambungkan nama para personelnya terutama Liam. Beberapa lagu ciptaan Liam sempat menduduki tangga lagu Inggris dan AS. Sebut saja Songbird yang duduk diperingkat tiga tangga lagu Inggris. Beberapa lagu Liam lainnya juga sempat menjadi hits seperti 'Love Like a Bomb', 'the Meaning of Soul', dan 'Guess God Thinks I'm Abel'.

Sayang, pada 2009 kebersamaan Oasis harus berakhir dengan hengkangnya sang kakak, Noel.

Mencoba melanjutkan kariernya di dunia musik, pada 2010 Liam kembali membentuk band baru bersama mantan personel Oasis yang tersisa dengan mengusung nama Beady Eye.

Dengan Beady Eye ia berhasil menelurkan dua album bertajuk "Different Gear, Still Speeding" dan "BE". Namun, pada 2014, Liam mengumumkan melalui Twitter bahwa Beady Eye telah bubar.

Tidak lelah jatuh bangun di dunia musik, pada 2016 Liam akhirnya memutuskan untuk fokus menjalani solo karier.

Tahun ini tepatnya 6 Oktober mendatang, Liam akan merilis album yang ia beri judul As You Were. Baru-baru ini, Liam merilis dua single terbaru yang akan masuk ke dalam album "As You Were" yaitu Wall of Glass dan China Town.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA