Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Lebaran Betawi akan Digelar di Setu Babakan

Rabu 05 Jul 2017 16:24 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Andi Nur Aminah

 Pekerja membuat dekorasi rumah Betawi untuk acara Lebaran Betawi (ilustrasi)

Pekerja membuat dekorasi rumah Betawi untuk acara Lebaran Betawi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekertaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Saefullah menuturkan akan menggelar lebaran betawi di kampung budaya Betawo, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Lebaran Betawi di Setu Babakan. Kemarin arahan pak Gubernur diminta di Setu Babakan. Mau lari ke mana lagi, mau cari tempat di mana lagi? Saya pikir yang paling strategis di Setu Babakan saja," ujar Saefullah di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/7).

Rencananya, sambung mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu, Betawi akan digelar pada pertengahan bulan Juli. "Ada usulan tanggal 21 Juli, 22 Juli, 23 Juli," ungkapnya.

Untuk kepanitiaannya, menurut Saefullah akan diurus oleh Badan Musyawarah (Bamus) Betawi karena hibahnya sudah diberikan kepada Bamus Betawi. Ihwal dana penyelenggaraan juga akan menggunakan sebagakan dari dana hibah sebesar Rp 5 miliar. " Karena dana hibah yang Rp 5 miliar itu kan peruntukannya banyak. Ada buat diskusi, pagelaran seni budaya, dan diantaranya juga buat lebaran betawi," terangnya. Adapun dana hibah tersebut akan dimanfaatkan untuk operasional kepanitiaan saat mempersiapkan acara sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Meskipun sudah matang dengan perencanaannya, Saefullah belum mau menyebut angka target pengunjung di lebaran betawi nanti. "Saya belum dapat angka, nanti bercermin dari acara-acara lalu. Kemudian akses ke sana dan antusiasme warga juga," ucapnya.

"Untungnya Setu Babakan ini kan bisa ditempuh dari semua arah. Mudah-mudahan nanti ada rekayasa lalinnya oleh Dishub. Yang paling penting kan parkirnya. Saya sarankan itu sistemnya didrop di pintu gerbang, mobilnya parkir di tempat lain yang agak jauhan. Nanti orang jalan ke lokasi. Namanya lebaran biar agak rame dan berdesakan sedikit ya wajar," tambahnya.

Lebaran Betawi adalah salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta setelah lebaran Idul Fitri. Dalam acara tersebut, lima wilayah administrasi di Jakarta memamerkan kekhasan setiap daerahnya.

Lebaran Betawi pertama kali digelar pada tahun 2008 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kemudian pada tahun 2009 sempat berpindah di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan.

Di tahun ketiga, Lebaran Betawi digelar di Sentra Primer Puri Indah Jakarta Barat. Kemudian, pada tahun 2011 berpindah lagi di lapangan BPLIP Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Pada tahun 2012, Lebaran Betawi digelar di Jalan Perintis Kemerdekaan RT 005/004 Kelapa Gading Jakarta Utara. Dan pada Lebaran Betawi ke 6 pada tahun 2013 digelar di lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dan pada tahun 2014 sampai 2016 kemarin, Lebaran Betawi digelar di lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Acara Lebaran Betawi dimeriahkan dengan aneka pertunjukan kebudayaan khas Betawi, diantaranya tari Betawi, tanjidor, gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang kulit Betawi, ondel-ondel, lenong Betawi, palang pintu, tari topeng, berbagai permainan tradisional Betawi serta layar tancap.




BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA