Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Musim Mudik 2018, Tol Brebes-Batang 100 Persen Rampung

Selasa 04 Jul 2017 14:04 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ilham Tirta

Tol Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah.

Tol Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah.

Foto: Akbar Nugrroho Gumay/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri PUPR, Basuki Hadimoeldjono mengatakan, salah satu evaluasi arus mudik pada tahun ini adalah tol fungsional atau tol darurat Brebes-Batang. Ia mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan mulai menyelesaikan kembali tol tersebut hingga Semarang.

Basuki mengatakan, memang untuk pengoperasionalan tol sendiri belum optimal. Ini dilakukan untuk meminimalisir resiko kecelakaan karena memang badan jalan tol yang belum selesai dibangun. "Ini kan kemarin memang buat darurat saja. Tapi melihat demandnya sangat tinggi, ini harus diselesaikan. Jadi lebaran tahun depan ini sudah sepenuhnya selesai dan 100 persen bisa difungsikan," ujar Basuki saat ditemui di Halal bi Halal Kemenko Maritim, Selasa (4/7).

Basuki mengatakan, memang banyak hal yang ia kebut penyelesaian pada arus mudik saat ini. Kemarin, ia mengatakan, pihaknya memfokuskan menyelesaikan 4 fly over yang ada di jalur ruas mudik. Ia menjelaskan, dalam waktu 4,5 bulan proyek fly over tersebut bisa diselesaikan.

"Itu kalau kemarin nggak ada empat fly over itu pasti macet. Jadi untuk taun depan evaluasinya kalau dari prasarana memang masih kurang. Sehingga tahun depan mudik, akan selesaikan sampai Semarang," ujar Basuki.

Basuki juga mengatakan, untuk sampai pada 2018, pihaknya sudah memasang target bahwa trans Jawa sudah akan saling menyambung sehingga bisa dimaksimalkan oleh masyarakat. Hal ini dikebut mengingat kebutuhan masyarakat atas transportasi darat yang masih cukup tinggi.

"Walaupun trans jawa sendiri 2018 akan nyambung. Tapi untuk mudik tahun depan saya harus selesaikan sampai Semarang," kata Basuki.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA