Selasa 04 Jul 2017 09:28 WIB

Diet Mediterania Turunkan Risiko Kanker Kolorektal

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Pola makan ala diet Mediterania mengandung banyak sayur dan buah.
Foto: Pixabay
Pola makan ala diet Mediterania mengandung banyak sayur dan buah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi menu diet khas Mediterania memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Menu diet yang kaya akan buah-buahan dan ikan ini dapat menurunkan risiko kanker kolorektal hingga 86 persen jika dibarengi dengan mengurangi konsumsi minuman ringan berkarbonasi.

Kanker kolorektal berkembang karena rendahnya konsumsi makanan berserat, tingginya konsumsi daging merah dan makanan berkalori, serta sering meminum minuman beralkohol.  

Sejumlah komponen menu diet Mediterania adalah buah, sayuran, biji-bijian, ikan, ayam, kacang-kacangan termasuk polong. Diet ini juga harus dibarengi dengan mengurangi konsumsi daging merah, alkohol dan minuman ringan bersoda.

"Mengonsumsi salah satu dari tiga komponen diet Mediterania saja sudah dapat menurunkan risiko kanker kolorektal hingga 30 persen," ujar Naomi Fliss Isakov dari peneliti dari Tel-Aviv Medical Centre dikutip Indian Express.

Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Isakov bersama tim peneliti dari Tel-Aviv Medical Centre. Percobaan dilakukan terhadap 808 orang yang didiagnosa menderita kolonoskopi. Ratusan orang usia 40 sampai 70 tahun ini merupakan mereka yang mengikuti diet Mediterania.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement