Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Kapal AL Irlandia Selamatkan 712 Pengungsi Libya

Senin 26 Jun 2017 19:46 WIB

Red: Esthi Maharani

Pengungsi Libya di atas perahu yang menyeberangi Laut Mediterania

Pengungsi Libya di atas perahu yang menyeberangi Laut Mediterania

Foto: Aljazeera

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah kapal angkatan laut Irlandia berhasil menyelamatkan 712 pengungsi termasuk ibu hamil dan bayi, di lepas pantai ibukota Libya, Tripoli sebagai bagian dari upaya penyelamatan pengungsi internasional, kata Pasukan Pertahanan Irlandia, Senin.

Kapal Le Eithne memimpin penyelamatan beberapa perahu di 40 kilometer utara-barat Tripoli sepanjang Ahad. Enam pengungsi, termasuk satu bayi, disadarkan kembali dari keadaan pingsan.

Kapal tersebut mengangkut sejumlah pengungsi, termasuk 14 wanita hamil dan empat bayi di bawah usia empat bulan, ke sebuah "pelabuhan keselamatan" untuk diserahkan ke pihak berwenang Italia.

"Saya sangat bangga dapat mengatakan bahwa semua nyawa terselamatkan, tidak ada yang meninggal. Ini adalah operasi yang kompleks dimana nyawa dipertaruhkan setiap giliran selama delapan jam penuh," Komandan Brian Fitzgerald mengatakan kepada RTE dari atas kapal.

"Secara keseluruhan, mereka benar-benar dalam kondisi buruk namun secara kesehatan mereka masih mampu untuk melakukan perjalanan ke pelabuhan keamanan," tambahnya dikutip dari Reuters.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA