Home > Ojk > Ojk
Sabtu , 24 Jun 2017, 13:39 WIB

Pengantin Baru, Ini yang Harus Jadi Prioritas Keuangan Kamu

Red: Gita Amanda
dok Republika
Mimpi keuangan setiap pasangan menikah adalah memiliki rumah, salah satu caranya lewat meminjam kredit ke bank.
Mimpi keuangan setiap pasangan menikah adalah memiliki rumah, salah satu caranya lewat meminjam kredit ke bank.

REPUBLIKA.CO.ID, Pengantin baru juga harus punya kesamaan visi dalam merencanakan tujuan keuangan. Pengantin baru biasanya masih mengalami yang namanya masa-masa bulan madu. Semua sepertinya terasa asyik dan indah. Namun, saat menjalani fase kehidupan baru dalam hidup ini, jangan lupa pula mulai merencanakan keuangan keluarga.

Bagi pasangan yang baru menikah diperlukan sinkronisasi terlebih dulu antara kebiasaan dan visi suami istri. Dalam membangun rumah tangga memang harus ada kesamaan visi, sehingga lebih mudah dalam menjalankannya.

Sebab kebanyakan begitu sudah menikah, pertanyaan yang muncul adalah mau beli rumah atau mobil dulu. Pasti visinya masing-masing berbeda, seperti mau beli rumah atau mobil dulu, istri kerja atau tidak. Bicarakan itu dulu baru bicara yang lain.

Setelah memperoleh kesamaan visi, ketika sudah menikah hendaknya pembelian rumah dan persiapan pendidikan anak menjadi prioritas terlebih dulu. Sebaiknya, dalam lima hingga delapan tahun untuk rumah dan pendidikan anak itu sudah harus terbeli.

Untuk persiapan dana pendidikan anak, sebaiknya juga tidak terjebak hanya pada satu pilihan, yaitu dengan asuransi pendidikan. Masih banyak instrumen investasi lainnya yang bisa dilirik agar target dana pendidikan anak bisa tercapai, seperti dengan instrumen reksa dana syariah, sukuk atau saham syariah.

Selain itu, untuk investasi rumah bisa dimulai dengan menyiapkan uang muka pembelian rumah dan cicilannya. Dalam mempersiapkan pembelian rumah dan cicilannya ini, para perencana keuangan menyarankan agar penghasilan setiap bulan disisihkan hingga 30-35 persen. Oleh karena penghasilan untuk alokasi rumah hanya 35 persen, maka sesuaikan kemampuan penghasilan dengan rumah yang akan kamu beli.

Mau belajar investasi syariah di pasar modal lebih jauh? Ikuti sosial media pasar modal syariah berikut:

Website: www.akucintakeuangansyariah.com

Daftar Artikel Ramadhan terkait Pasar Modal Syariah

Fanpage FB: @pasar modal syariah

Twitter: @acekaes

Instagram : @pasar_modal_syariah

Whatsapp Grup : 081807882602

Telegram : @PasarModalSyariah