Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

 

Lewat Medsos, Kementerian LHK Ajak Pemudik Jaga Lingkungan

Jumat 23 Jun 2017 16:42 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda

Pemudik Lebaran (ilustrasi)

Pemudik Lebaran (ilustrasi)

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang hari raya Idul Fitri, mudik menjadi salah satu tradisi yang selalu dilakukan masyarakat urban untuk bisa bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Selain menjaga keselamatan selama perjalanan mudik, pemudik juga perlu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan bersama. Seperti diikutip dari laman instagram resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananan, yang mengajak pemudik sukseskan program 'Yuk Mudik Ramah Lingkungan' selama menjalankan arus mudik.

Untuk bisa menjalankan program tersebut, pemudik cukup mengikuti empat hal yang diinstruksikan Kementerian LHK. Pertama, gunakan tranportasi masal, agar bisa mengurangi polusi asap dari kendaraaan bermotor.

Kedua, bawa botol minum dan kotak makan. Persiapan tersebut dinilai penting, karena dapat mengurangi timbunan sampah. Lalu ketiga, gunakan re-usable bag yang berarti, pemudik diimbau menghindari penggunaan kantong plastik ketika membeli makanan ringan. Terakhir, buang sampah pada tempatnya, jika belum menemukan tempat sampah, simpan dan bawa dulu sampah tersebut.

Dengan suksesnya program tersebut, maka mencerminkan semua pemudik telah bertanggung jawab pada kebersihan dan kelestarian bersama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES