Lokasi Masjid Besar dan Rest Area Sepanjang Rute Garut-Tasik

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih

 Jumat 23 Jun 2017 11:27 WIB

Pemudik beristirahat seusai melakukan perjalanan panjang di Masjid Al-Iklas, Jalan Limbangan, Kabupaten Garut, Kamis (22/6). Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Pemudik beristirahat seusai melakukan perjalanan panjang di Masjid Al-Iklas, Jalan Limbangan, Kabupaten Garut, Kamis (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Bagi pemudik yang beragama Islam sudah tentu pasti mencari kehadiran Masjid baik untuk beribadah atau beristirahat. Tak terkecuali bagi para pemudik yang menempuh rute Jabar selatan dari Garut-Tasikmalaya. Berikut Republika.co.id rangkumkan lokasi Masjid sepanjang rute mudik Garut-Tasik.

Jika pemudik menempuh rute Limbangan dan terjebak macet disana, terdapat Masjid Raya Limbangan yang letaknya berdekatan dengan Alun-Alun Limbangan. Kalau pun sudah terlewat, pemudik dapat menempuh rute sekitar 10 kilomter untuk tiba di Masjid Darussalam yang dekat dengan tikungan menujju Garut Kota via Cibatu.

Selanjutnya, ada pula Masjid Jami Al Ikhlas yang berlokasi di Kampung Banen, jalan raya Bandung-Tasik KM 51. Letak Masjid ini agak menurun ke bawah. Sehingga mata pemudik patut awas untuk menemukannnya. Masih terdapat dua Masjid berukuran cukup besar lagi sebelum pemudik tiba di Malangbong.

Nantinya, di pertigaan lampu merah Malangbong, pemudik dapat menemukan Masjid Besar Al-Ilyas kalau hendak mampir. Di lokasi itu, areal parkir terbilang cukup besar yang diletakan di Alun-Alun Kecamatan persis di depan Masjid.

Jika Pemudik sudah melewati Malangbong dan Lingkar Gentong, ada Masjid Panumbangan yang terletak di pertigaan Panumbangan. Selanjutnya, Masjid Ciawi yang berlokasi setelah pertigaan Sukamantri bisa jadi rujukan tempat ibadah dan istirahat. Kemudian sebelum melewati fly over Rajapolah, ada Masjid Itje yang berdekatan dengan kawasan sentra oleh-oleh. Di lokasi ini, ada peralatan pijat gratis bagi pemudik.

Terakhir, sebelum memasuki kawasan Kota Tasik, pemudik dapat singgah di Masjid Al-Fattah di dalam kawasan Ponpes Al-Idrisiyah Kecamatan Cisayong. Masjid ini terbilang megah sehingga cocok bagi pemudik yang ingin berswafoto.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X