DPR: Mudik Lebaran Diharapkan Berjalan Lancar

Rabu , 21 Jun 2017, 19:40 WIB
Komisi V DPR RI meninjau meninjau Bandara Radin Inten II dan Pelabuhan Bakauheni di Lampung
Foto: DPR RI
Komisi V DPR RI meninjau meninjau Bandara Radin Inten II dan Pelabuhan Bakauheni di Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Mudik lebaran tahun 2017, sudah mulai berlangsung. Titik-titik arus mudik seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, maupun terminal diharapkan bersiap untuk menyambut pemudik. Diharapkan, mudik lebaran tahun ini berjalan dengan lancar, dan tidak menemui kendala berarti.

Demikian dikatakan Anggota Komisi V DPR Bakri, saat kunjungan spesifik Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ke Provinsi Lampung dan Provinsi Banten, baru-baru ini. Dalam kunjungan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo (F-PKS) itu, tim meninjau Bandara Radin Inten II dan Pelabuhan Bakauheni di Lampung, serta Pelabuhan Merak dan Bandara Soekarno-Hatta di Banten.

“Persiapan dari pemerintah sudah cukup bagus. Persiapan di masing-masing instansi sudah lama sehingga apa yang mereka lakukan benar-benar berjalan lancar. Harapan kami mudah-mudahan lebaran ini berjalan lancar dan nyaman,” ujar Bakri.

Politikus Fraksi Pan itu mengapresiasi langkah yang diambil mitra kerja Komisi V DPR dalam menyambut mudik lebaran tahun ini. Misalnya Basarnas yang sudah menyiapkan sarana dan prasarananya, baik laut maupun darat.

“Begitu juga Kementerian Perhubungan juga sudah siap dengan angkutan umum yang nyaman dan enak sehingga kesiapan mereka ini betul-betul tidak ada lagi celah-celah yang membuat pemudik tidak nyaman,” kata Bakri.

Politikus asal daerah pemilihan (dapil) Jambi itu pun mengingatkan kepada pemerintah maupun pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan mudik ini, agar memperkuat koordinasi secara intensif. Selain itu, kenyamanan para pemudik juga diharapkan mendapat perhatian dari pihak terkait.

Sebelumnya dalam pertemuan di Bandara Radin Inten II Lampung, beberapa pihak yang terlibat dalam mudik lebaran kali ini, seperti Kementerian Perhubungan, Basarnas, BMKG, ASDP, Dirlantas Polda Lampung, hingga UPBU Bnada Radin Inten II telah mempersiapkan secara optimal dalam menyambut mudik lebaran.