Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Ganda Thailand Takluk di Tangan Pasangan Muda Indonesia

Jumat 16 Jun 2017 23:26 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Pasangan muda ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/M Rian Ardianto

Pasangan muda ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/M Rian Ardianto

Foto: Republika/Bilal Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mengirimkan satu wakilnya ke babak semifinal turnamen BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017. Di babak perempat final, satu-satunya wakil di ganda putra, Fajar Alfian/M Rian Ardianto mengalahkan pasangan Thailand, Kedren Kittinupong/Dechapol Puavaranukroh, Jumat (16/6).

Di gim pertama, Fajar/Rian tampil sempurna dengan sangat sedikit kesalahan yang dilakukan. Serangan-serangan Fajar/Rian juga kerap menghasilkan angka. Sebaliknya, pasangan Thailand tidak bisa mengembangkan permainannya. Kesalahan sendiri juga kerap dilakukan Kedren/Dechapol. Fajar/Rian menang mudah di gim pertama dengan 21-13.

Dominasi mereka juga dilanjutkan di gim kedua. Fajar/Rian terus unggul 11-5 dan 15-8. Namun keunggulan membuat mereka lengah dan pasangan Thailand perlahan-lahan merebut angka dan berhasil menyamakan kedudukan dengan 17-17. Bahkan mereka berbalik unggul dan mencuri gim kedua dengan 18-21.

Di gim yang menentukan, Fajar/Rian kembali menerapkan strategi menyerang dan berhasil menekan kembali Kedren/Dechapol. Fajar/Rian terus unggul dari 11-5 di paruh gim ketiga dan memenangkan pertandingan dengan 21-12 selama 55 menit.

"Kalau main tadi memang saya rasa harusnya bisa straight game. Di gim kedua sudah leading jauh, tapi salah strategi. Harusnya tekan terus malah kita defence. Harusnya bisa menang dua gim tadi," kata Fajar usai pertandingan.

Sementara itu, Kedren mengakui keunggulan dari pasangan Indonesia. Setiap serangan yang ia dan Dechapol lakukan bisa selalu dikembalikan Fajar/Alfian. Ia juga mengakui tidak menerapkan strategi pelatih dengan baik.

"Kita tidak menerapkan strategi pelatih dengan baik di gim pertama dan ketiga. Mereka juga unggul dari segi kekuatan dan kecepatan," kata Kedren.

Pasangan Thailand ini melaju ke babak perempat final dengan mengalahkan dua pasangan senior Indonesia. Di babak pertama, Kedren/Dechapol mengalahkan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputra dan di babak kedua mengalahkan Markis Kido/Hendra Aprida Gunawan. Ternyata langkah mereka bisa dihentikan oleh sesama pasangan muda.

Dengan kemenangan ini, Fajar/Rian menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke babak semifinal. Sebelumnya wakil Indonesia di ganda putri, Della Destiara/Rosyita Eka Putri kalah dari unggulan tiga asal Korea Selatan, Lee So Hee/Chang Ye Na.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA