Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Jakarta Fair Kemayoran 2017 Resmi Dibuka

Rabu 14 Jun 2017 21:40 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pembukaan Jakarta Fair

Pembukaan Jakarta Fair

Foto: Noer Qomariah Kusumawardhani

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Jakarta Fair Kemayoran 2017 (JFK 2017) sebagai ajang arena pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara resmi dibuka pada Rabu, 14 Juni 2017 di Arena Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran Jakarta Pusat.

Peresmian ini yang dimulai pada pukul 19.30 WIB ditandai dengan pesta kembang api spektakuler dan dimeriahkan penampilan band punk asal Bandung, Rocket Rockers yang akan berkolaborasi dengan Midnight Quickie.

Event Jakarta Fair Kemayoran 2017 mulai dibuka untuk umum sejak 6 Juni lalu dan upacara peresmiannya dilakukan pada 14 Juni 2017.  Event ini akan berlangsung selama 39 hari hingga 16 Juli 2017, bahkan pada saat hari-H lebaran pun Jakarta Fair tetap akan dibuka untuk umum. Untuk tahun ini, tema parade karnaval yang diangkat adalah ‘50th JFK Carnaval’ yang menonjolkan nuansa kostum keemasan atau gold.

Jakarta Fair diisi oleh bermacam-macam hiburan mainan untuk anak-anak, carnaval budaya Betawi, Kampung Betawi, pesta kembang api spektakuler sampai dengan konser musik grup band papan atas ibu kota selama 39 hari non stop serta ada pemilihan Miss Jakarta Fair dan lomba stand terbaik dengan hadiah menarik.

Peresmian event ini dilakukan dalam upacara meriah di panggung utama Jakarta Fair, dihadiri Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, Komisaris Utama PT Jakarta International Expo S Hartati Murdaya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. M. Iriawan, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI Sumarsono, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Sekjen PDIP Hasto Kristianto, Anggota Komisi I Fraksi PDIP DPR RI Charles Honoris,  Ketua Panitia Penyelenggara Jakarta Fair Prajna Murdaya, Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, para dutabesar dan perwakilan negara sahabat, para pelaku ekonomi, para pejabat tinggi lainnya, serta para peserta pameran.
Jakarta Fair Kemayoran adalah arena festival dan pameran perdagangan terbesar yang merupakan etalase ajang promosi berbagai produk unggulan.

Pada tahun 2017 ini merupakan tepat 50 tahun diselenggarakannya event Jakarta Fair Kemayoran dan sekaligus digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-490. Penyelenggaraan kali ini diikuti oleh 2.700 perusahaan peserta yang tergabung dalam 1.500 stand pameran. Mereka berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan pemerintah provinsi dan kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

Jakarta Fair Kemayoran 2017 mengambil tema “ Jakarta Fair 2017 Membangkitkan Kesadaran Memperluas Lapangan Kerja Bagi Rakyat Banyak” dengan Sub Tema “Marilah Bekerja Keras Demi Kemajuan Bangsa dan Negara, Menuju Berakhirnya Kesenjangan, Rakyat Makmur Sentosa”.
Menurut Ketua Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran, Prajna Murdaya, tema tersebut diambil karena Jakarta Fair Kemayoran merupakan pameran multiproduk terbesar yang sekaligus menjadi salah satu tolak ukur kondisi ekonomi nasional.

“Kami berharap semangat promosi perdagangan dan inovasi perindustrian yang selalu mewarnai penyelenggaraan Jakarta Fair, kiranya dapat membantu tersedianya lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta memicu peningkatan volume ekonomi nasional yang pada akhirnya berkontribusi memajukan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia yang makmur sentosa,” kata Prajna Murdaya di Jakarta, Rabu (14/6).

Murdaya mengatakan Jakarta Fair Kemayorab 2017 mengharapkan pengunjung di atas 5,7 juta orang dengan transaksi bisnis antara peserta pameran dan pengunjung Jakarta Fair Kemayoran bisa diatas Rp.6,5 triliun. Nilai transaksi terbesar dalam Jakarta Fair ialah diraih oleh penjualan automobil dan sepeda motor serta aksesorisnya, disusul oleh produk-produk handphone dan produk elektronik lainnya, begitu pula multi produk dari perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk komputer, kamera, fashion, kosmetik, sport, sepatu, apparel, obat-obatan, multi produk kreatif, produk kerajinan, tidak ketinggalan produk properti, investasi, pariwisata, dan perbankan, produk kreatif musik dan produk kreatif kerajinan.

"PT. Jakarta Internasional Expo senantiasa berjuang memperbaiki sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dalam rangka hiburan dan pembinaan terhadap kelompok anak-anak muda dan orang dewasa sehingga kita bisa terus maju," ujarnya.

Pada usianya yang telah genap setengah abad  panitia penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2017 berharap agar event ajang arena pameran dan hiburan terbesar dan terlama di Asia Tenggara ini dapat semakin memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.
Dijelaskan, event ini secara rutin diadakan setiap tahun tanpa pernah terputus, bahkan pada gelaran kali ini Jakarta Fair berbarengan dengan Bulan Ramadhan dan libur Lebaran, justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang terlibat di dalamnya.

Semarak 50 tahun Jakarta Fair Kemayoran akan semakin terasa dengan melimpahnya hiburan yang disajikan. Selain menggelar konser musik di panggung utama, Jakarta Fair Kemayoran juga akan menyajikan berbagai acara menarik seperti parade karnaval, kontes Miss Jakarta Fair, Cosplay Contest, barongsai night serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini.

Event ini diharapkan menjadi tujuan utama wisata dan belanja keluarga selama Bulan Ramadhan dan musim libur lebaran. Para peserta memamerkan berbagai produk unggulan dengan diskon khas Jakarta Fair.

Jakarta Fair Kemayoran 2017 akan dibuka setiap hari selama Bulan Ramadhan ini mulai pukul 15.30 sampai 22.00 pada hari Senin sampai Kamis, dan untuk hari Jumat ditutup pukul 23.00. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu akan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 23.00.

Pada H-1 (malam takbiran) akan dibuka mulai pukul 10.00-18.00, sementara pada hari H lebaran Jakarta Fair tetap dibuka untuk umum sebagai arena liburan lebaran untuk seluruh anggota keluarga, dengan jam buka pada yakni mulai pukul 14.00 sampai pukul 23.00, dan pada tanggal 26 Juni sampai 2 Juli akan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 23.00.

Sementara untuk masa-masa setelah lebaran yakni tanggal 3 sampai 16 Juli jam buka Jakarta Fair Kemayoran akan kembali normal seperti biasa yakni mulai pukul 15.30 pada hari biasa dan mulai pukul 10.00 pada akhir pekan.

Harga tiket masuk Jakarta Fair Kemayoran 2017 yakni Rp 20.000 pada hari Senin, dan Rp 25.000 pada Selasa sampai Kamis. Untuk akhir pekan dan hari-hari libur nasional tiket masuk dijual seharga Rp 35.000.

Salah satu alasan mengapa Jakarta Fair Kemayoran menjadi salah satu gelaran yang wajib dikunjungi setiap tahunnya adalah karena event ini tidak pernah lepas dari keseruan berbagai macam hiburan. Salah satu bentuk hiburan yang telah menjadi ciri khas dan telah langsungkan dari tahun ke tahun adalah karnaval Jakarta Fair.

Rangkaian parade khas Jakarta Fair ini nyatanya selalu berhasil menghibur pengunjung sehingga menambah keseruan berbelanja para pengunjung.
Dalam rangka menyemarakkan 50 tahun Jakarta Fair Kemayoran, parade karnaval pun dibuat lebih meriah guna menghibur para pengunjung yang hadir.

Karnaval tahun ini akan diramaikan dengan penampilan Sufi Dance, Liong, LED Dance, Golden Boys Cabaret dan Mannequin dance.Tak lupa, ikon kebudayaan betawi yaitu iring-iringan ondel-ondel juga akan memeriahkan karnaval ini.

Sementara itu, tokoh-tokoh kartun yang akan ikut dalam rangkaian parade karnaval tentunya adalah tokoh-tokoh yang banyak digemari oleh anak-anak. Beberapa diantaranya seperti Power Ranger, Kamen Rider, Marvel Heroes, DC Heroes, tokoh Princess hingga Starwars Parade.

Adapun parade karnaval pada tahun ini akan diadakan total sebanyak delapan kali. Setiap minggunya, parade karnaval ini akan digelar dua kali.

Ajang ini biasanya akan berlangsung pada  Selasa dan Kamis setiap minggunya. Khusus untuk pelaksanaan pada pekan kedua,  pertunjukan Selasa akan diadakan pada Rabu, 21 Juni 2017. Sementara itu, pertunjukan parade karnaval yang pertama berlangsung pada Selasa, 13 Juni 2017.

Saat masih berlangsungnya bulan Ramadhan, parade karnaval baru akan dilaksanakan setelah waktu berbuka, yaitu tepatnya pada pukul 19.15 WIB. Setelah bulan Ramadhan berakhir, pelaksanaan parade karnaval selanjutnya akan dilakukan lebih awal, yaitu pada pukul 18.45 WIB.

Iring-iringan parade karnaval ini nantinya akan dimulai dari Area Panggung Utama. Ratusan orang berkostum meriah ini akan berjalan menghibur para pengunjung menuju Area Gedung Pusat Niaga melalui area Open Space.

Selanjutnya, iring-iringan parade karnaval ini pun akan kembali memutar dan mengakhirinya di Area Gambir Expo.
Adapun selain untuk memeriahkan perhelatan Jakarta Fair Kemayoran, parade karnaval ini juga memberikan kesempatan bagi para tenant peserta untuk mempromosikan dan memperkenalkan produknya kepada para pengunjung dengan cara yang unik dan menarik.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan acara Jakarta Fair Kemayoran 2017 ini dimulai sejak 6 Juni 2017. Ia menjadi teringat 6 Juni merupakan  hari lahir Bung Karno. Bulan Juni, kata Djarot,  juga mengkukuhkan bulan Pancasila dengan moto 'Saya Indonesia, Saya Pancasila'"

Selain itu  menurut Djarot,  Jakarta Fair Kemayoran ini sudah dikunjungi 5,5 juta dengan transaksi senilai Rp. 6,1 triliun.

"Tahun ini bisa menyedot 6 juta pengunjung dengan target Rpn 6,7 triliun bukan hanya itu di dalam Jakarta Fair mampu menampilkan produk terbaik yang dimiliki Indonesia baik kuliner, fashion, industri rumah tangga harus dipamerkan supaya jakarta jadi role model mampu menginspirasi indonesia untuk menampilkan produk terbaik," ujar Djarot.

Ia berharap betul dapat mempopulerkan kreatifitas bangsa sambil mendorong pertumbuhan ekonomi sampai tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

"Kita betul-betul berharap setiap tahun kita ingin memberikan dan mempersembahkan kekayaan Indonesia, keindahan Indonesia, dan keramahtamahan Indonesia," katanya.

Sisi lain, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita meresmikan pembukaan Jakarta Fair Kemayoran 2017. Menurutnya Jakarta Fair Kemayoran 2017 merupakan bagian dari pameran produk.

"Saya berharap dari tahun ke tahun lebih meningkat lagi dan  hal yang kurang kita perbaiki, yang baik dipertahankan," ujar Enggartiasto.

Ia kemudian mengucapkan selamat pada penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2017.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada penyelenggara dan pengusaha. Dan  masyarakat selamat menikmati PRJ ini," katanya.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA