Ahad 11 Jun 2017 09:53 WIB

Peneliti Ungkap Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Kayu manis
Foto: pixabay
Kayu manis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kayu manis yang kerap dijadikan rempah campuran kue atau penambah rasa pada minuman ternyata punya manfaat lain untuk kesehatan. Mencampurnya dalam asupan minuman harian diklaim peneliti dapat membantu diet sehat seseorang.

Ini bukan keajaiban, melainkan dibuktikan secara ilmiah dalam sebuah studi di Universitas Peradeniya, Sri Lanka. Kayu manis direkomendasikan sebagai terapi tambahan yang berguna dalam disiplin pengobatan integratif diabetes tipe 2.

Bukti eksperimental dan uji klinis hasil glikemik kayu manis juga disebut akan membantu mengurangi kelebihan berat badan. Rutin mengonsumsi air kayu manis dalam pola asupan harian akan memangkas 13 pon atau 5,897 kilogram lemak dalam setahun.

Pakar nutrisi Duke Health, Elisabetta Politi, yang tidak terkait dengan studi menjelaskan signifikansi penelitian tersebut dari sudut pandangnya. Menurut ia, hal itu dimungkinkan berkat asupan sejumlah besar gula yang turut ditekan.

Sebagai contoh, sebagian besar keluarga di negara Barat punya kebiasaan minum segelas jus jeruk di pagi hari. Konsisten menggantinya dengan air rebusan kayu manis sama saja dengan menekan konsumsi minuman yang mengandung gula tinggi.

"Walaupun saya tidak mengatakan pasti ada penurunan berat badan dalam jumlah tertentu tapi saya merekomendasikannya kepada siapa saja yang mencoba menambah asupan cairan," kata Politi.

Anda bisa membuatnya dengan cara menambahkan beberapa batang kayu manis pada air yang direbus hingga mendidih. Saat sudah dingin, Anda dapat menjadikannya konsentrat yang ditambahkan pada minuman normal, dilansir dari laman Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement