Puncak Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen Diprediksi H-2

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nur Aini

 Jumat 09 Jun 2017 12:55 WIB

Penumpang kereta api Serayu dari Purwokerto tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A. Penumpang kereta api Serayu dari Purwokerto tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro memprediksi akan ada kepadatan yang memuncak di stasiun pasar senen pada dua hari sebelum Lebaran atau H-2. Menurutnya, untuk penjualan gelombang pertama tiket kereta dengan keberangkatan H-2 lebaran sudah habis terjual jauh jauh hari.

Edi mengatakan, nantinya kepadatan di Stasiun Senen akan mulai terasa H-5 Lebaran. Hal ini melihat tiket keberangkatan pada H-5 Lebaran terjual habis. Kepadatan akan terjadi terutama saat memasuki waktu boarding.

Untuk mengantisipasi kepadatan tersebut, pihaknya akan mengerahkan petugas untuk bisa membantu penumpang boarding. Ia juga akan menambah mesin pencetak boarding pass. "Masa kepadatan dan kesibukan di stasiun terjadi pada saat penumpang boarding secara bersama-sama. Perbedaan waktu boarding yang hanya berselang satu jam juga akan memperparah kepadatan stasiun," ujar Edi di Stasiun Pasar Senen, Jumat (9/6).

Edi berharap para penumpang kereta yang akan melakukan mudik bisa menjaga diri dan keselamatan serta barang barang bawaan saat puncak arus mudik tiba. Ia sudah meminta kerja sama dengan kepolisian untuk membantu melakukan pengamanan stasiun. "Kita harap semua bisa berjalan lancar saat musim mudik sudah tiba, saya harap para penumpang bisa saling bersabar dan bisa menjaga keselamatannya masing masing," ujar Edi.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X