Jumat 02 Jun 2017 11:37 WIB

Gerakan Pramuka Gelar Tantangan #BhinnekaTunggalIkaChallenge

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat memberikan keterangan pers di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, Rabu (29/3).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat memberikan keterangan pers di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, Rabu (29/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017, Kwarnas Gerakan Pramuka mengajak masyarakat membuat video #BhinnekaTunggalIkaChallenge. Tantangan ini terbuka untuk seluruh WNI di dalam dan luar negeri.

"#BhinnekaTunggalIkaChallenge ini pertama kali di Indonesia, targetnya memenuhi internet dengan pesan-pesan positif tentang Indonesia," ujar Adhyaksa Dault dalam keterangan tertulis, Jumat (2/6).

Adhyaksa mengatakan, setiap tahun Gerakan Pramuka selalu meriahkan hari lahir Pancasila 1 Juni. Tahun 2014 dengan mengadakan refleksi, lalu tahun 2015 Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan monolog Cut Nyak Dien dengan Ine Febriyanti, Mantan Wapres, Pak Tri Sutrisno di Teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

"Kemudian 2016 kita selenggarakan lomba foto #PramukaPancasila, dan banyak lagi kegiatan lainnya,” jelas Adhyaksa.

Berikut cara mengikuti #BhinnekaTunggalIkaChallenge seperti disampaikan oleh akun Instagram @gerakanpramuka:

1. Ajak teman-temanmu minimal 3 orang atau sebanyak-banyaknya yang berbeda latar belakang (suku, budaya, bahasa, daerah, agama). Videokan aksi #BhinnekaTunggalIkaChallange kalian sekreatif mungkin, maksimal 1 menit (60 detik).

2. Contoh narasi “Hei saya Hatta, saya Minang. Aku Soekarno, aku Jawa. Hai aku Andi, aku Bugis, apa kabar. Aku Lusia, aku Manggarai. Aku Edo, dari Papua. Aku Maulana, aku Madura. Nah, saya Hendrik, saya Dayak. Apa kabar dunia? Kami Indonesia. Ayo ikuti #BhinnekaTunggalIkaChallange, mana videomu, Bhinneka Tunggal Ika, Salam Pramuka. Bangga jadi Indonesia. Salah seorang di antara kalian, disarankan menggunakan hasduk Pramuka.

3. Unggah videomu di medsos, mention/ tag akun-akun berikut: twitter @kwarnas, instagram @gerakanpramuka, dan facebook Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Sertakan tagar wajib #SetiapPramukaAdalahKantorBerita dan #BhinnekaTunggalIkaChallange.

4. Di akhir video, sebut saja yang kalian minta melakukan Bhinneka Tunggal Ika Challenge ini. Atau bisa juga mention ke akun yang kalian tantang. Tantangan ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Videomu akan direpost, dishare, dan disebarluaskan oleh akun-akun Gerakan Pramuka, serta akan dilihat jutaan anak Indonesia. Kegiatan ini tidak berhadiah, justru videomu yang jadi hadiah bagi Indonesia dan dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement