Berburu Iftar di Semarang

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani

 Selasa 30 May 2017 15:56 WIB

Masjid Kauman, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Kaskus.co.id Masjid Kauman, Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi pecinta kuliner, tidak akan melewatkan momen berburu iftar (makanan berbuka) di bulan Ramadhan. Jika Anda sedang berada di Semarang, Ada perlu tahu tempat-tempat berburu iftar berikut ini seperti yang dipaparkan Noor Aini Rachmawati selaku Public Relation and Advertising Ezytravel.co.id,

Jalan Pahlawan
Jalan Pahlawan merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi. Sebenarnya tidak hanya di bulan Ramadhan, setiap Sabtu dan Ahad sore banyak orang menghabiskan waktu di jalan tersebut. Berburu iftar di Jalan Pahlawan bisa juga dengan sistem drive through. Anda tidak perlu mencari tempat parkir karena para penjual yang akan mendekat. Tinggal pilih apa yang kita suka, bayar dan dapat melanjutkan perjalanan lagi.

Pasar Ramadhan Masjid Kauman
Masjid Kauman Semarang bisa disebut juga Masjid Agung Semarang, merupakan masjid tertua di kota Semarang. Masjid ini beralamat di Jalan Alun-alun Barat No. 11 Semarang, dekat dengan Pasar Johar. Masjid Kauman saat ini menjadi cagar budaya dan menjadi kebanggaan warga Semarang.

Pada bulan Ramadhan, di area depan Masjid Kauman didirikan tenda yang menjual aneka hidangan iftar seperti ketan lupis, es cendol, Jus dalam kemasan botol, aneka es buah, kolak, es kelapa muda, aneka jajanan pasar, dan menu lainnya. Masyarakat biasa menyebut dengan istilah “pajangan” Pasar Jajan Semarangan.

Pasar Sendang Mulyo
Pasar ini selalu ramai di pagi hari setiap harinya. Apalagi jika akhir pekan dan liburan akan semakin ramai. Selain banyak pedagang yang berjualan di kios permanen, ada juga yang menjajakan dagangannya di pasar tumpah hingga pukul 10.00 WIB.

Barang yang djual pun bervariasi, mulai dari sembako, sayur mayur, ikan, ayam, daging, sampai pakaian. Banyak juga yang jualan makanan matang, serta jajanan seperti pecel, gorengan, jajan pasar, dan sebagainya.

Di bulan Ramadhan, pasar yang biasanya tidak begitu ramai di sore hari, akan menjadi ramai dengan penjual iftar. Dimulai sekitar pukul 15.00 hingga 19.00 berjejer penjual kolak, es buah, jajanan pasar, gorengan, dan masih banyak menu iftar lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X