Agar Si Kecil Lancar Jalankan Puasa Pertamanya

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

 Sabtu 27 May 2017 17:37 WIB

Ilustrasi Anak Berpuasa Foto: Foto : MgRol_93 Ilustrasi Anak Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak memang belum memiliki kewajiban untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Namun kini banyak orang tua yang mulai mengajarkan berpuasa tanpa paksaan.

Jika bulan Ramadhan saat ini adalah pertama kalinya si kecil belajar puasa, maka ada sejumlah tips yang bisa diterapkan orang tua. Pertama dan utama adalah mempersiapkan si kecil untuk Ramadhan.

Dilansir dari Khaleej Times, dokter anak Kalpana Sengupta dan spesialis fisik Javaid Shah di Dubai mengatakan persiapan adalah sesuatu yang penting. Orang tua perlu memberi pemahaman dasar tentang puasa menurut hukum Islam.

Mulai dari bagaimana berpuasa hingga pahala yang diperoleh. Orang tua perlu membuat anak terinspirasi untuk berpuasa atas keinginan sendiri. Selain itu, perlu juga pemahaman agar anak memperbaiki diri di bulan Ramadhan, seperti berlaku baik, membantu orang yang membutuhkan, mengurangi berkata buruk, dan lebih sering berdoa.

Anak-anak perlu juga mengerti sepenuhnya soal pentingnya sahur dan berbuka. Kalpana mengingatkan pola makan dan tidur anak akan berubah selama Ramadhan. Ia kemudian memberikan sejumlah tips, seperti membuat mereka tidur lebih cepat agar bangun saat sahur.

Makanan sahur harus bergizi seimbang dan tinggi sumber energi. Pastikan anak-anak minum jus segar atau minuman sehat lainnya untuk mencegah mereka dari dehidrasi. Makan sayur pun tidak boleh ketinggalan.

"Biarkan anak makan sahur tanpa terburu-buru, biarkan mereka menikmati makan sahur mereka, bisa sambil bercerita atau lainnya," kata Javaid.

Saat mulai berpuasa, pastikan mereka menikmatinya. Bisa dengan mengikutsertakan dalam kegiatan keagamaan, beribadah atau beraktivitas seperti biasa. Ingatkan agar mereka tidak melakukan aktivitas berlebihan yang bisa membuat cepat lapar dan haus.

Menjelang berbuka, libatkan mereka dalam mempersiapkan menu iftar. Buat makanan dan camilan kesukaan mereka bisa membantu meningkatkan mood di waktu akhir berpuasa.

Ajari kebiasaan makan berbuka yang tidak berlebihan. Mulai dari makan kurma dan air. Hindari makanan berlemak, gula berlebih dan junk food saat mulai berbuka.

"Jangan biarkan anak puasa tanpa sahur karena itu hanya akan membuat mereka merasa lemah, tapi hindari juga makan berlebihan," kata Kalpana.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X