Masjid Al Akbar Surabaya Siapkan 2.000 Takjil Setiap Hari

Red: Ani Nursalikah

 Sabtu 27 May 2017 17:25 WIB

Masjid Al Akbar Surabaya Foto: Republika/Binti Sholikah Masjid Al Akbar Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pengurus Masjid Al-Akbar Surabaya menyiapkan 2.000 takjil berupa nasi bungkus dan sepaket kurma setiap harinya bagi jamaah yang berbuka puasa Ramadhan 1438 Hijriyah.

"Ramadhan tahun ini kami siapkan 2.000 nasi bungkus yang dibagikan setelah Shalat Maghrib," ujar Direktur Utama Masjid Al-Akbar Surabaya Endro Siswantoro ketika dikonfirmasi, Sabtu (27/5).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum nasi bungkus dibagikan, para jamaah disediakan paket takjil berupa air mineral dan kurma yang kali ini mendapat bantuan dari PT Telkom sebanyak tiga ton kurma. Pembagian takjil ini dilakukan selama sebulan penuh. Pembagian makan sahur di salah satu masjid terbesar di Tanah Air tersebut dibagikan saat 10 hari terakhir Ramadhan.

Selain pembagian takjil, setiap harinya di masjid berkapasitas 60 ribu jamaah tersebut digelar kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat. "Ada kegiatan yang sifatnya 'Habluminallah' (berhubungan langsung dengan Allah SWT), ada juga yang 'Habluminannas' (berhubungan dengan manusia)," ucapnya.

Kegiatan yang digelar antara lain spiritual keagamaan seperti kajian setiap usai shalat lima waktu, shalat tarawih, dzikir dan iktikaf, serta kegiatan keagamaan sebelum Ramadhan. Kemudian untuk kegiatan sosial antara lain bersifat pendidikan dan kesehatan yaitu pawai Ramadhan, pemberian paket sembako kepada warga kurang mampu, pondok Ramadhan hingga bazar atau festival Ramadhan.

"Bahkan khusus tahun ini, peringatan Nuzulul Quran yang biasanya digelar di Islamic Centre akan dipusatkan di sini. Gubernur Jatim Soekarwo dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf telah menyatakan kesiapannya hadir bersama ribuan jamaah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X