Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR Puji Pembangunan Perdesaan di Purwakarta

Jumat 26 May 2017 14:37 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: ROL/MGROL

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan memuji konsep pembangunan perdesaan yang dikembangkan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Menurut dia, apa yang diterapkan di Purwakarta bisa diterapkan di sejumlah daerah sekitar Jawa Barat.

"Purwakarta itu keren. Saya mau dong kalau kerennya Purwakarta ini bisa juga dirasakan oleh daerah lain di Jawa Barat," katanya, disela Kuliah Umum Tokoh Desa se-Jawa Barat, di komplek Pemkab Purwakarta, Jumat.

Ia mengatakan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memiliki konsep pembangunan perdesaan yang seharusnya tidak hanya diterapkan di Purwakarta. Tapi juga bisa dilaksanakan secara massif di Jawa Barat. Sebab mayoritas daerah di Jabar itu wilayah perdesaan. Zulkifli menilai, Dedi Mulyadi telah mendekatkan kewajiban pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat perdesaan. Kewajiban tersebut menurut dia, tidak bisa ditawar-tawar, karena bersifat mutlak. Zulkifli mengaku memiliki kecocokan dengan Dedi Mulyadi. Kecocokan itu ialah mengenai konsep tentang pembangunan pedesaan.

Sementara itu, dalam sambutan selamat datang untuk Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memaparkan kemajuan pembangunan di Purwakarta yang berbasis pedesaan. Menurut dia, posisi desa harus mandiri agar tidak tergantung terhadap subsidi pemerintah pusat maupun daerah.

"Konsepnya itu penyertaan modal desa ke perusahaan," kata dia.

Melaui penyertaan modal itu, desa diharapkan mampu membiayai kebutuhan pembangunannya melalui dividen setiap tahun. Dengan begitu, pemerintah provinsi, kabupaten, maupun pusat tidak perlu lagi memberikan subsidi dana pembangunan untuk desa.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler