Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

 

Puasalah Agar Kamu Sehat

Jumat 26 May 2017 14:09 WIB

Rep: Rizman Riyandi/ Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Doa Berpuasa

Ilustrasi Doa Berpuasa

Foto: Foto : MgRol_94

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Saat berpuasa, umat Islam diwajibkan menahan lapar dan haus lebih dari 10 jam. Selama 8 jam itulah, organ-organ tubuh beristirahat.

Dokter PKU Muhammadiyah Muhammad Agita Hutomo menuturkan, puasa bahkan baik bagi metabolisme tubuh. Pasalnya puasa dapat mengistirahatkan lambung, menormalkan fungsi jantung, mengistirahatkan hati, merangsang hormon glukagon, menghilangkan endapan racun, menyehatkan fungsi ginjal, dan mencerdaskan otak.

"Hadis Riwayat Tabrani mengatakan, berpuasalah, niscaya kamu sehat," katanya, Jumat (26/5)

Agita memaparkan, lambung memproses makanan selama empat jam dan mengosongkannya selama empat jam pula. Maka itu, dengan berpuasa, lambung kita dapat bekerja secara maksimal. Kemudian hal ini berdampak pada pemulihan organ tubuh yang lain.

Ia menyampaikan, asalkan dilakukan secara baik dan benar shaum tidak akan memberatkan. Adapun cara berpuasa yang baik dan benar adalah dengan sahur yang sehat dan buka tidak berlebihan. Selain itu pola makan kita selama berpuasa juga harus dijaga.

Adapun makanan terbagi ke dalam tiga jenis. Pertama makanan yang sifatnya hajat. Di mana makanan tersebut harus dikonsumsi untuk menegakkan tulang punggung. "Kedua makanan yang bersifat qifayah, yakni makanan yang mengisi 1/3 perut kita," ujar Agita.

Sebagaimana ajaran Rasulullah, guna menjaga kesehatan tubuh, kita harus menjaga konsumsi makanan hanya untuk memenuhi 1/3 perut. Karena 1/3 lainnya disisakan untuk udara, dan 1/3 lainnya untuk air. Adapun cara untuk mengontrolnya yakni dengan berhenti makan sebelum kenyang.

Ketiga makanan Fudlah, yakni cara makan yang berlebihan. Cara seperti inilah yang harus dijauhi karena dapat menimbulkan berbagai penyakit. "Maka itu, hadis Ibnu Majah memaparkan bahwa puasa adalah penangkal dari semua jenis penyakit," papar Agita.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES