Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Timnas U-23 akan Uji Coba Lawan Bali United Besok

Kamis 25 May 2017 22:53 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Gelandang timnas Indonesia U23 Evan Dimas.

Gelandang timnas Indonesia U23 Evan Dimas.

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Timnas Indonesia U-23 akan kembali melakoni laga uji tanding. Kali ini, tim asuhan pelatih Luis Milla Aspas tersebut akan beradu melawan kesebelasan Bali United. Laga kedua tim akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Jumat (26/5) malam.

Bagi timnas, laga uji coba ini menjadi yang kelima kalinya sejak Milla melatih pada Februari 2017. Dari empat tim nasional yang sudah dijajal oleh timnas, Garuda U-23, sudah dua kali menang dan satu kali imbang. Terakhir timnas hanya menang tipis 1-0 atas Persiwangi Banyuwangi pada Rabu (24/5). 

Milla menilai cara bermain timnya semakin membaik. "Kalau melihat permainan, coach Milla, sudah cukup puas," ujar asisten pelatih Bima Sakti Tukiman, Rabu (24/5).

Bima menyampaikan, para pemain timnas U-23 sudah mampu membangun serangan dari belakang dan membuat gol. Namun timnas belum tampak kuat di lini belakang. "Lini belakang ini, yang harus selalu dievaluasi," sambung mantan gelandang bertahan timnas Indonesia tersebut.

Menengok permainan timnas saat melawan Persiwangi, Milla menurunkan dua lapis pemainnya. Pada babak pertama, ia memasang antara lain striker Ezra Wallian, gelandang Evan Dimas Darmono, David Septian Maulana, Asnawi Mangkualam Bahar, dan bek Rezaldi Hehanusa turun lapangan. Akan tetapi, susunan pemain tak memberikan hasil.

Pada babak kedua, Milla merombak banyak pemainnya. Seluruh pemain yang turun lapangan saat babak pertama diganti. Kecuali, satu pemain tengah Asnawi Mangkualam yang masih dipercaya menuntaskan pertandingan. Pergantian banyak pemain tersebut, baru membuahkan hasil pada menit ke-63. Yabes Roni mencetak gol dibantu oleh Gavin Kwan Adsit.

Melawan pasukan Serdadu Tridatu, Jumat (26/5), Milla sepertinya akan mengkombinasikan pemain babak pertama dan babak kedua saat berlaga kontra Persiwangi. Ezra Wallian, sepertinya tetap akan mendapat tempat sebagi striker utama dalam laga tersebut. Meskipun, penyerang milik Ajax Amsterdam U-21 tersebut, belum sekalipun membuat gol dalam dua kali laga uji coba bersama timnas.

 Sedangkan di kubu Bali United, pelatih Widodo tak mau ambil risiko menurunkan skuat utamanya. Kata dia, para pemain utamanya sudah diistirahatkan sementara menjelang bulan puasa akhir pekan ini. Ia mengaku membutuhkan para pemain utama untuk menghadapi Persib Bandung pada laga kedelapan Liga 1, Rabu (31/5).

Bahkan, mantan pelatih Sriwijaya tersebut, berharap Milla, tak memainkan empat pemain Bali United, yang sementara ini dalam masa karantina timnas. Milla, memang mengambil empat pemain muda Bali United memperkuat timnya, yakni Yabes Roni, Ricky Fajrin, Miftahul Hamdi dan Diky Indrayana.

Akan tetapi, Widodo mengatakan, meski akan memainkan pemain lapis kedua, uji tanding menjamu timnas tersebut, harus dimenangkan. "Kami akan memberikan kesempatan pemain yang selama ini tidak terlalu mendapatkan waktu bermain. Tapi, saya tetap yakin dengan kemampuan mereka," ujar dia, seperti dikutip dari laman resmi Bali United, Kamis (25/5).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA