Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Membongkar CR-V Generasi Kelima

Sabtu 20 May 2017 13:02 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Winda Destiana Putri

Mobil All New Honda CR-V diperlihatkan saat pada pameran mobil IIMS 2017 di Jakarta, Kamis (27/4).

Mobil All New Honda CR-V diperlihatkan saat pada pameran mobil IIMS 2017 di Jakarta, Kamis (27/4).

Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The All New CR-V menjadi model andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk dipamerkan dalam ajang Indonesian International Motor Show (IIMS) 2017. Dalam perhelatan otomotif tahunan itu pula generasi kelima dari kendaraan itu diperkenalkan.

Generasi terbaru CR-V sempat menuai tanya sebelum akhirnya diluncurkan ke publik tanah air. Masyarakat dibuat menunggu cukup lama untuk memarkirkan CR-V generasi kelima dalam garasi rumah mereka.

Tampil ke publik nusantara, kecanggihan The All New CR-V tak perlu diragukan lagi. Sejumlah peningkatan baik dari sisi mesin, teknologi hingga disain interior dan eskterior disematkan dalam generasi baru tersebut.

Bahkan, Honda tak segan memasukan mesin turbo kedalam tubuh CR-V termuda ini. Mesin turbo itu membuat The Next Gen Sporty Utility Vehicle (SUV) ini memberikan performa yang lebih bertenaga dengan kabin yang lebih luas.

"Kami ingin memberikan kesan dengan desain yan impresif serta kenyaman dan suspensi yang dinamis ditambah desain interior modern dan mewah," kata Assistant Lanrge Project Leader of All New Honda CR-V, Koji Hirano di Jakarta.

Kehadiran Honda CR-V agaknya memang patut dinanti masyarakat. Kendaraan tersebut hadir dengan rupa dan performa yang dijamin tidak bakal mengecewakan konsumen, sama seperti generasi sebelumnya.

Honda meluncurkan tiga model sekaligus, yakni CR-V 2.0L, CR-V 1.5L Turbo dan CR-V 1.5L Turbo Prestige. Ketiganya memiliki fitur yang hampir serupa.

CR-V 2.0L didukung dengan mesin SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimum 154 PS pada 6.500 rpm, dengan torsi 19,4 Nm pada 4.300 rpm. Mobil bertransmisi automatis itu dilengkapi dengan Earth Dreams Technology yang membuat pengemudi semakin nyaman saat berkendara.

Mobil tersebut berkapasitas lima penumpang dengan kabin lapang untuk memberikan keleluasaan saat meletakkan barang bawaan. Juga disertai One Action Seat Arrangement guna memudahkan melipat kursi baris kedua dari ruang bagasi hanya dengan satu sentuhan.

Bagian interior mobil didesain lebih modern melalui Silver Panel Garnish pada interior. Tilt and Telescopic Steering Wheel berfungsi agar posisi setir dapat diatur menyesuaikan postur tubuh untuk kenyamanan saat mengemudi. 

"Ditambah Modern Meter Cluster dengan Multi Information LCD Display untuk memberikan informasi akurat mengenai rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan serta sisa bahan bakar," katanya.

Sementara eksterior CR-V generasi kelima didesain lebih tangguh dan berkarakter kuat. Mulai dari Tailgate Spoiler, Shark Fin Antenna, Rear Wiper yang tampil semakin dinamis.

Rear Combi Lamp with LED Light Bars dan LED High Mount Stop Lamp yang menjadikannya tampil lebih sporty. Projector Headlamp, LED Daytime Running Light dan Fog Lamp memberikan penerangan lebih optimal, serta ditambah Alloy Wheels berukuran 18 inci yang semakin membuat agresif.

Sementara, CR-V 1.5 Liter Turbo memiliki semua fitur dari tipe 2.0 dengan perbedaan pada mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dreams Technology. Hal itu yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5600 rpm. "Bagian eksterior ditammbah dengan Dual Exhaust Pipe dan Finisher," katanya.

CR-V 1.5 Liter Turbo tampil dengan kapasitas tujuh penumpang dengan balutan interior yang elegan. Wood Panel interior dan Leather Wrapped pada Shift Knob dan Steering Wheel serta Trimmed Seat menghiasi interior mobil.

Tak lupa, kecanggihan berbagai fitur di dalam ruang kabin mulai dari Smart Entry System, Audio Video, One Push Ignition System hingga NAVI System. Sedangkan CR-V 1.5 Liter Turbo Prestige hadir dengan semua fitur dari tipe 2.0L dan 1.5 Turbo ditambah Full LED Headlight, Auto Levelling, LED Fog Light, Bold 18” Alloy Wheels, Power Panoramic Sunroof dan Power Tailgate.

"Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti Front Passenger Seat with 4-way Power Seat Adjustment, Side Airbags dan Side Curtain Airbags," ungkapnya.

Tidak mudah bai Koji Hirano untuk mendesain keseluruhan mobil. Dia mengatakan, yang paling sulit adalah bagaimana meningkatkan tenaga bagi mobil dengan mesin turbo untuk menghasilkan performa maksimal.

Sebab, penggunaan mesin turbo memberikan resiko peningkatan suhu mesin secara drastis. Dia mengatakan, mobil lantas dibangun menggunakan material-material khusus untuk menangkal panas tersebut.

"Dan itu ada beberapa masalah-masalah tersendiri tapi akhirnya mobil ini berhasil dibangun dan memberikan ouput yang maksimal," katanya.

Koji mengatakan, bersamaan dengan mesin turbo juga disematkan intercooler untuk mengantisipasi panas yang dihasilkan. Terlebih, mengingat kondisi jalanan Jakarta yang macet atau kerap dilanda banjir.

Dia mengatakan, mesin turbo tidak akan menyala saat mobil terjebak kemacetan. Dia menjelaskan, turbo hanya akan menyala saat kendaraan melaju dengan kecepatan penuh.

Sementara, varian All New Honda CR-V tersedia dalam tujuh pilihan warna, diantaranya, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, Passion Red Pearl, Deep Ocean Blue, dan Dark Olive Metallic.

Kedaraan anyar ini ditawarkan mulai dari, Rp 432 juta untuk 2.0 L, Rp 466 juta bagi 1.5L Turbo dan Rp 506 juta pada 1.5L Turbo Prestige. "Mobil ini mempunyai keseimbangan yang baik antara power dan efisiensi konsumsi bahan bakar," kata Koji.

President Director PT HPM, Takehiro Watanabe mengatakan, Honda CR-V adalah sebuah model SUV global yang selalu membuat terobosan baru disetiap generasinya. Hal itu terlihat dari penampilkan fitur terdepan dan desain yang berkelas.

Terobosan pada All New Honda CR-V kali ini sangat sesuai dengan tren dunia akan mesin yang lebih efisien namun tetap bertenaga. Ditambah kebutuhan SUV berkapasitas tujuh penumpang di Indonesia. "Tentunya semua itu hadir tanpa meninggalkan ciri khas Honda CR-V sebagai sebuah SUV Premium yang tangguh," kata Takehiro Watanabe.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA