Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Kemenpora Buka Gelaran Gala Desa 2017

Ahad 14 Mei 2017 06:21 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Amar Ahmad

Amar Ahmad

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BULUKUMBA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemepora) resmi memulai gelaran Gala Desa 2017. Pesta ragam olah raga dibuka di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Ahad (14/5). 

Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora Amar Ahmad menyampaikan, Gala Desa merupakan bagian dari kampanye Ayo Olahraga 2017 oleh Kemenpora. Ada tiga kegiatan utama dalam kampanye ini, yakni Gowes Nusantara, Gala Desa, serta Liga Pelajar.

"Hari ini, Gala Desa 2017 yang akan dimulai," ujar dia, kepada wartawan di Bulukumba, Ahad.

Amar menerangkan, Gala Desa tahun ini perdana dilakukan. Khusus tahun ini, ada enam cabang olah raga (cabor) yang akan dipertandingkan, yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, tenis meja, bulu tangkis, serta atletik.

"Pesertanya dari seluruh nusantara," kata dia.

Amar menambahkan, Gala Desa 2017, pun digelar serentak di 136 kabupaten dan kota di 34 provinsi Indonesia. Di Sulsel akan digelar di tujuh wilayah daerah tingkat dua. Selain di Kabupaten Bulukumba, kegatan ini juga digelar di Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng Wajo, serta Pinrang.

"Di Bulukumba ada 10 kecamatan. Masing-masing akan mengirimkan seribu orang untuk meramaikan Gala Desa kali ini," terang Asiten Deputi Pemberdayaan Olahraga dan Pendidikan, Arifin Majid.

Ia mengtakan, kampanye Ayo Olahraga tahun ini menjadi salah satu kegiatan penggalakan olah raga yang pernah dilakukan di Indonesia.

Selain Gala Desa, kampanye Ayo Olahraga juga menggelar Gowes Nusantara. Pembukaannya, sudah dimulai di Sabang, Aceh pada Sabtu (13/5). Gelaran balap sepeda tersebut, tercatat diikuti oleh puluhan ribu atlet sepeda dari dalam dan luar negeri, dengan etape lintasan dari ujung barat, tengah, dan ujung timur menuju titik tengah Indonesia. 

Lintasan sepanjang tak kurang dari lima ribu kilo meter tersebut, menjadi salah satu rangkain balapan sepada terbesar yang pernah digelar di Indonesia.

 

 

 

 

n Bambang Noroyono 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA