Ketua DPR Resmikan Sumur Bor di Kupang

Senin , 08 May 2017, 23:39 WIB
Ketua DPR RI Setya Novanto meresmikan pemanfaatan sumur bor beserta kelengkapannya di halaman depan Gedung GMIT Salom Airnonan, Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, NTT, Senin (8/5).
Foto: istimewa
Ketua DPR RI Setya Novanto meresmikan pemanfaatan sumur bor beserta kelengkapannya di halaman depan Gedung GMIT Salom Airnonan, Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, NTT, Senin (8/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Setya Novanto meresmikan sumur bor beserta kelengkapan air bersih di Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, NTT, Senin (8/5) siang. Peresmian ditandai dengan pembukaan kran air bersih di Gereja Syalom Airnona, Novanto mengatakan sumur bor yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu akan menjadi sumber air bersih bagi masyarakat NTT.

"Khususnya warga Bakunase," kata dia melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin. Novanto mengapreasiasi program kerja Presiden Joko Widodo yang meningkatkan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Termasuk pembangunan sumur bor dan fasilitas penyediaan air bersih sebagai infrastruktur dasar di Bakunase.

Menurut Novanto, tanpa infrastruktur yang memadai, bangsa Indonesia tidak akan mencapai kemajuan dan kesejahteraan. "Pembangunan sumur bor dan penyediaan air bersih seperti ini sungguh sangat bermanfaat," kata dia.

Pembangunan sumur bor akan membantu ketersediaan air bersih untuk masyarakat. Pasokan air bersih akan membuat warga hidup lebih sehat, layak, dan terhindar dari penyakit. "Kalau tubuh kita sehat, maka jiwa dan pikiran kita juga akan sehat, sehingga partisispasi dalam pembangunan juga meningkat," ujar Novanto.

Novanto pun berjanji akan terus meningkatkan peningkatan infrastruktur di berbagai daerah, termasuk di NTT. "Sebagai Ketua DPR RI sekaligus waki rakyat dari NTT, saya akan terus memastikan peningkatan infrastruktur, khususnya dalam penyediaan air bersih dan sanitasi," kata dia.

Namun, Novanto juga menyadari peningkatan infrastruktur tergantung pada kerja pemerintah. Karena itu, dia akan mengkoordinasikan dengan semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun DPR RI sebagai lembaga perwakilan rakyat.

Novanto juga mengimbau pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi NTT, agar melibatkan perguruan tinggi, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat lainnya dalam setiap pelaksanaan program pembangunan. Keterlibatan mereka akan memudahkan mendapat dukungan masyarakat sehingga pembangunan berlangsung tersebut efektif dan berguna.

Pada kesempatan itu, Novanto juga meminta warga Bakunase untuk menjaga sumur bor dengan baik. "Sehingga bisa awet dan berguna dalam jangka panjang. Gunakan air bersih dengan bijak," kata Novanto.

Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni menyampaikan ketersediaan air bersih merupakan masalah penting di NTT. Karena itu, dia mewakili masyarakat NTT berterimakasih kepada Kementerian PUPR.

"Serta, berbagai perjuangan serta sumbangsih Novanto terhadap masyarakat NTT, khususnya dalam pembangunan sumur bor dan penyediaan air bersih di Bakunase, Kupang," ujar Benny.

Pada acara peresmian itu, Novanto didampingi istri, Deisti Novanto, Anggota DPR RI Adies Kadir, serta Staff Khusus Ketua DPR RI Yahya Zaini dan Nurul Arifin. Sejumlah pejabat setempat juga tampak pada acara itu. Seperti Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari NTT Ibrahim Agustinus Medah, Kepala Pusat Air Baku dan Air Tanah Kementerian PUPR Amir Hamzah, Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PUPR Hari Supra Yogi, Ketua Sinode Gereja Masehi Injil di Timor Merry Kolimon.