Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Rahasia Valtteri Bottas Cepat Beradaptasi di Mercedes

Ahad 07 May 2017 20:18 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Citra Listya Rini

Valtteri Bottas

Valtteri Bottas

Foto: EPA/Jens Buettner

REPUBLIKA.CO.ID, BRACKLEY  --  Kemenangan pertama Valtteri Bottas di Formula Satu ia raih bersama Mercedes di Sochi Autodromm, Rusia (30/4) lalu. Bottas tidak menunggu waktu lama untuk menang bersama Mercedes sejak awal musim Bottas sudah menunjukan performanya.

Bottas tampil bagus di tiga seri pembuka Grand Prix musim ini. Adaptasi Bottas di Mercedes terbilang cepat. Sejak ditunjuk menggantikan Nico Rosberg ia memilih untuk tidak membawa mekaniknya ke Mercedes. Menurut Bottas bekerja sama dengan mekanik Rosberg sebagai keputusan yang membuatnya cepat beradaptasi.

"Jadi saya pikir (keputusan) ini akan sempurna untuk saya, karena saya bisa belajar banyak dari mereka dan mereka membantu saya untuk belajar bagaimana tim bekerja. Saya kira ini yang terbaik," kata Bottas seperti dilansir dari Motorsport, Ahad (7/5).

Di Mercedes Bottas bekerjasama dengan dua mekanik Rosberg yakni Tony Ross dan Marcus Dudley. Mereka yang telah mengantar Rosberg menjadi juara dunia musim lalu. Bottas mengakui cara kerja tim mekaniknya di Mercedes berbeda dengan timnya di Williams.
 
"Saat rapat pendekatan tim sedikit berbeda dan sistem serta ketentuan juga baru, cara kerjanya pun baru. Jadi tentu saya harus beradaptasi bagaimana tim ini bekerja," kata Bottas.

Alasan Bottas tidak membawa timnya dari Williams ke Mercedes karena ia ingin memulai pengalaman barunya di Mercedes bersama orang-orang baru. Karena, kata Bottas, ia tahu tim ini tim yang terbaik di Formula Satu.

Bottas mengatakan walaupun baru bekerja di Mercedes ia diminta untuk tidak ragu mengungkapkan pendapatnya. Ia bisa mengatakan apa yang membuatnya tidak nyaman pada mobilnya. Ia menambahkan hal ini menjadi kekuatan Mercedes untuk mendengar pendapatnya.

"Saya belum mendapatkan kesulitan. Saya selalu mengatakan apa adanya. Saya selalu memberi opini jujur dan itu yang selalu saya coba lakukan," ujar Bottas.

Bottas mengatakan Mercedes selalu menghargai pendapatnya. Ia mengakui rekan setimnya Lewis Hamilton lebih lama di Mercedes. Hamilton lebih berpengalaman dengan tim dan mobil Mercedes. Jadi, menurut Bottas berbicara jujur dan mengungkapkan apa yang bisa diperbaiki menjadi caranya untuk cepat beradaptasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA