Ahad 07 May 2017 07:26 WIB

Pentingnya Terapi Berkelanjutan Bagi Autisme

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Winda Destiana Putri
Terapi dini autisme.
Foto: cuny.edu
Terapi dini autisme.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penanggung Jawab Akademik Sekolah Khusus Individu Autisma Mandiaga Yulianty Sitompul mengatakan, orang tua yang anaknya mengidap autisme harus senantiasa melatih keterampilan dasar anak di rumah. Melatih keterampilan dapat pula dilakukan dalam pola terapi yang berkelanjutan.

"Hal ini efektif bagi tumbuh kembang anak autisme. Melatih mereka melalui terapi dengan merangsang keterampilan agar keinginan mereka dapat diungkapkan adalah lebih ideal daripada membiasakan memberikan keinginannya kepada mereka," kata Yulianty dalam siaran persnya, Ahad (7/5).

Dokter Spesialis Jiwa Rumah Sakit Siloam Eva Suryani mengatakan, pentingnya untuk melakukan terapi yang berkelanjutan. Jika terapi dihentikan, mereka tak bisa tumbuh kembang secara optimal.

Menurut Eva, tumbuh kembang optimal anak autisme dapat dilakukan dengan memperbanyak peluang anak untuk berinteraksi sosial dan secara bertahap menularkan kepada anak cara berekpresi yang sesuai. "Kuncinya ada pada orangtua. Terapi berkelanjutan yang optimal dan ajak mereka belajar berekspresi," kata Eva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement