Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Ini Inspirasi di Balik New Agya

Jumat 05 May 2017 06:45 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Toyoya New Agya

Toyoya New Agya

Foto: Carscoops

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Toyota Astra Motor mengeluarkan New Agya dengan desain eksterior dan interior yang serba baru, lengkap dengan dua pilihan mesin yaitu VVT-i 1.000 cc dan Dual VVT-i 1.200 cc guna memenuhi kebutuhan konsumen di segmen entry level. Hal utama yang bisa dilihat konsumen dari penampilan Agya terbaru adalah eksterior bagian depan berupa perubahan lampu utama dengan projector dan LED serta grille yang besar, menyambung ke lampu kabut.

Prana Jiwandhana, salah satu desainer Agya dari Styling Design Section C&A Planning and Design Development Division PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan desain baru itu menggambarkan kelincahan walaupun mobil sedang posisi diam atau parkir.

Prana mengatakan bahwa desain baru Agya diambil dari gerakan manusia yang sedang menungkik, atau gerakan yang lincah dan dinamis. "Inspirasi diambil dari gerakan menungkik. Itu melambangkan sebuah kelincahan. Jadi mobil mungil terlihat lincah walaupun sedang diam. Itu menggambarkan sesuatu yang dinamis," kata Prana Jiwandhana kepada wartawan sebelum uji berkendara Agya di Ancol, Jakarta Utara

Ia menjelaskan ide-ide tersebut kemudian dituangkan menjadi sebuah desain dalam bentuk sketsa kemudian dikumpulkan dan disusun menjadi sebuah desain yang utuh. "Setelah ide dikerucutkan, jadilah desain sebuah mobil. Awalnya terpisah-pisah kemudan disusun menjadi nyambung," tuturnya.

Prana menambahkan, desain tampak depan Agya juga menggambarkan posisi kuda-kuda yang bagus karena grille depan menyatuh hingga ke lampu kabut. "Di belakang ada roof spoiler split yang dinamis dan tidak terlihat kaku, aerokit itu mempertegas image yang berbeda dengan versi TRD," kata dia.

Prana menambahkan, yang unik dari samping, ada side visor, bodi molding dan side skirt menggambarkan konsep advance agility. Melalui desain terbaru itu, Toyota ingin menyampaikan pesan melalui desain bahwa Agya terbaru lebih lincah dari versi sebelumnya. Apalagi Agya terbaru tersedia dengan pilihan mesin Dual VVT-i 1.200 cc yang lebih agresif dan bertenaga.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA