Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Anggota Parlemen Afsel Puji Benda Peninggalan Sejarah Gowa

Kamis 04 May 2017 01:25 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Balla Lompoa atau istana Kerajaan Gowa

Balla Lompoa atau istana Kerajaan Gowa

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, GOWA -- Anggota Parlemen Afrika Selatan, Sheikh Shahid Esau didampingi Direktorat Afrika Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), Artanto S Wargadinata berkunjung ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan menyempatkan melihat hasil peninggalan sejarah kerajaan Gowa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL yang menerima kunjungan dari rombongan parlemen Afrikas Selatan, Rabu (4/5), mengaku senang karena kunjungan itu pastinya membawa hal positif. "Mereka memang sengaja datang ke Gowa karena ingin melihat peninggalan sejarah kerajaan, apalagi antara Afrika Selatan dengan Gowa dulunya punya hubungan yang bagus di masa lampau," katanya.

Adnan saat menjamu mereka menyampaikan jika jejak peninggalan sejarah Gowa masih terjaga dan terawat bahkan bisa dijumpai di banyak tempat selain di Gowa.

"Dahulu, kerajaan Gowa adalah salah satu kerajaan besar di Nusantara dan peninggalannya bukan cuma benda-benda, tapi adat dan budaya yang menjadi kerarifan lokal tetap dijalankan hingga saat ini," ucapnya.

Sheikh Shahid Esau saat berkunjung ke Museum Balla Lompoa, tidak henti-hentinya mengungkap kekagumannya atas benda-benda peninggalan bersejarah milik Kerajaan Gowa.

"Saya begitu terkesan dengan peninggalan bersejarah seperti ini yang masih terjaga dengan sangat baik hingga saat ini," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Member of Parliament South Africa ini juga salut karena Pemerintah Kabupaten Gowa tidak melupakan leluhur yang telah membesarkan nama Gowa sampai ke benua lain.
Turut serta dalam kunjungan ini Prof Hasrullah dari Unhas kordinator KKN Unhas Gowa-Cape Town dan Nikolaus Nurak dari Biro Kerjasama Luar Negeri Pemprov Sulsel.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA