Rabu 03 May 2017 12:42 WIB

Jadi Ayah di Usia Ini Berisiko Miliki Anak Autis

Ayah dan anak
Foto: corbis
Ayah dan anak

REPUBLIKA.CO.ID, Sejauh ini penelitian terhadap kehamilan dan anak selalu dikaitkan dengan ibu. Namun ternyata sebuah fakta baru hadir justru dari kondisi sang ayah.

Situs Independent melaporkan mengenai penelitian baru terhadap kelahiran bayi. Di dalam penelitian tersebut menyebutkan, laki-laki yang berusia di bawah 25 tahun dan di atas 51 tahun berisiko memiliki anak autis serta gangguan sosilogis lain.

Penelitian tersebut dilakukan Seaver Autism Center for Research and Treatment Mount Sinai. Penelitian tersebut melibatkan 15 ribu anak dari usia empat sampai 16 tahun.

"Kami menemukan fakta bahwa anak-anak yang lahir dari ayah terlalu muda atau sebaliknya akan menemukan situasi sosial lebih berat," ujar salah satu peneliti Magdalena Janecka, PhD. Hal tersebut ditemukan meski anak tidak memiliki diagnosa autis.

Para peneliti tidak menemukan keterkaitan antara ibu dan anak. Social skills menjadi poin penting yang mengaitkan antara anak dan orang tua. Gangguan sosial yang mereka dapatkan terjadi ketika usia ayah berada dalam kisaran tersebut.

Dalam penelitian tersebut mengaitkan, gangguan sosial terjadi karena pengaruh dari lingkungan. Seorang ayah dengan usia tersebut juga memiliki lingkungan sosial yang berbeda dan lebih menantang. Hal tersebut berpengaruh pada anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement