Rabu 03 May 2017 09:16 WIB

Sauber Mengusulkan Sistem Waralaba F1

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Prinsipal tim Sauber F1, Monisha Kaltenborn.
Foto: EPA/Diego Azubel
Prinsipal tim Sauber F1, Monisha Kaltenborn.

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI—Pertarungan tim-tim atas memperebutkan gelar juara jelas terlihat terutama pada musim F1 tahun ini. Hal ini mengkhawatirkan tim-tim papan tengah salah satunya, Sauber. Prinsipal Tim Sauber, Monisha Kaltenborn mengatakan sulitnya perjuangan tim papan tengah dapat dibantu dengan sistem waralaba (franchise).

Ia mengatakan, sistem ini dapat menghilangkan banyak ketakutan tim papan tengah atas kekuatan uang tim pabrikan.  "Saya kira sistem ini cukup masuk akal," katanya seperti dilansir dari Motorsport, Selasa (2/5).

Kaltenborn mengatakan, untuknya yang terpenting bagaimana meningkatkan nilai balapan F1. Sistem waralaba ini memang banyak dipakai di olahraga-olahraga Amerika Serikat. Dengan sistem ini tim dapat jaminan pendapatan dan model bisnis untuk bekerja dengan baik.

"Kita tidak perlu keuntungan yang lebih besar, tapi setidaknya cukup untuk bisa kompetitif di olahraga ini. Tidak juga di tiga besar tapi mungkin papan tengah," katanya.

Kaltenborn menilai dengan sistem tersebut merek-merek yang bersaing di F1 dapat terus terjaga. Dengan begitu olahraga ini akan menarik banyak orang karena langsung bisa diketahui nilainya dan memiliki jaminan masa depan. "Lagipula yang terdegradasi ke mana akan turun? Tidak ada lagi liga di bawah F1," tambah Kaltenborn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement