Selasa 02 May 2017 20:18 WIB

Kemendikbud Ingin Pemerataan Pendidikan yang Berkualitas

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggara upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di Kemendikbud, Senayan, Jakarta. Kemendikbud mengambil tema 'Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas'.

"Pendidikan harus merata dan berkualitas. Jadi tidak cuma merata saja, tapi juga berkualitas," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (2/5).

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu mengajak jajarannya dan guru untuk pekerja dengan ikhlas. Hal itu bertujuan untuk percepatan kualitas pendidikan. Selain itu, ia mengajak semua pihak untuk bersyukur dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2017. Sebab, ia meyakini, kualitas pendidikan di Indonesia sedah semakin membaik.

Selain itu, Mendikbud juga membanggakan capaian-capaian ujian nasional (UN) 2017. Sebab, ia mengklaim, ada perbaikan signifikan terhadap capaian UN dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan praktik kecurangan dan ketidakjujuran yang dapat ditekan drastis. Sehingga, tidak banyak kasus kecuarangan yang mencuat seperti penyelenggaraan sebelumnya. Pun ia berharap UN SMP dapat mengikuti kesuksesan penyelenggaraan UN jenjang SMK dan SMA. "Mari kita tingkatkan pemerataan," jelasnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement